Tampang Yamaha R1 Euro Fighter Lazareth Bekas Bintang Film Hollywood

0
Yamaha R1 Euro Fighter Lazareth Bekas Bintang Film
Yamaha R1 Euro Fighter karya Ludovic Lazareth ternyata bekas 'Bintang Film'. Foto: Lazareth

NaikMotor – Apa jadinya bila motor superbike dipermak menjadi motor custom? Silakan simak Yamaha R1 Euro Fighter Lazareth bekas bintang film Hollywood. Selain itu, Lazareth memasangkan suspensi lengan osilasi seperti pada LM847.

Ludovic Lazareth sebagai builder memang selalu terusik dengan motor standar. Bahkan, ketika mendapatkan sosok Yamaha YZF-R1 bekas properti film Hollywood sekalipun.

Yamaha R1 Euro Fighter Lazareth Bekas Bintang Film
Yamaha R1 Euro Fighter hasil tangan gatal Ludovic Lazareth. Foto: Lazareth

R1 yang didapatnya pernah digunakan sebagai properti film Babylon A.D. yang dibintangi oleh Vin Diesel. Film action dibumbui science fiction itu disutradarai Mathieu Kassovitz pada 1999. Meski dalam film digambarkan R1 itu rusak karena ledakan bom.

Ludovic Lazareth menyatakan, “Saya tak merasa cukup bebas ketika hanya bisa mengendarai sebuah sepeda motor, saya selalu ingin mengubahnya. Anda akan merasa bebas jika bisa melakukan sesuatu karya.”

Yamaha R1 Euro Fighter Lazareth Bekas Bintang Film
Yamaha R1 Euro Fighter dihidupkan kembali oleh Ludovic Lazareth dengan suspensi lengan osilasi seperti pada LM847. Foto: Lazareth

Pekerjaan awal mengubah sasis Deltabox R1 agar bisa ditempati garpu depan dengan sistem lengan osilasi monoshock, mirip dengan karya terdahulu LM847 V8. Suspensi depan yang juga mirip pada Bimota Tesi. Sementara suspensi belakang diganti dengan TFX Suspension. Ban depan pun diganti ukuran 17″ milik ban belakang Triumph Daytona.

Yamaha R1 Euro Fighter Lazareth Bekas Bintang Film
Cover tangki, panel bodi, fender dan beberapa komponen lainnya berbahan komposit serat karbon. Foto: Lazareth

Kemudian bagian ekor, panel bodi, fender depan dan cover tangki dibuat dari bahan komposit serat karbon. Tangkinya sendiri berbahan aluminium.

Beberapa komponen seperti setang drag-style, spion, dan berbagai aksesori penting lainnya produk Rizoma, sedangkan instrumen digital dari Acewell, serta perangkat rem produk Brembo.

Yamaha R1 Euro Fighter Lazareth Bekas Bintang Film
Lampu belakang R1 Euro Fighter yang didesain seperti nozzle jet pesawat tempur itu. Foto: Lazareth

Desain unik terletak pada bagian ekor, lampu belakang terdiri dari rangkaian LED yang diletakkan mengelilingi tip muffler knalpot tunggal, sehingga jika menyala akan tampak seperti nozzle jet pesawat tempur.

Sehingga karena desainnya itulah Lazareth menamakan karyanya sebagai Yamaha R1 Euro Fighter Lazareth. Nama pesawat tempur buatan konsorsium Eropa.

Meski tampak unik dan berat, tetapi Ludovic Lazareth menjamin karyanya itu bisa dikendarai seperti supersport lainnya. Tetapi yang memberatkan mungkin bukan bobot sepeda motor mantan bintang film itu, tetapi harganya. Lazareth menawarkan R1 Euro Fighter itu dengan harga sekitar Rp 706 juta. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY