Inilah Deretan Motor-motor Berdesain Unik di Tahun 2016

1
Motor-motor Berdesain Unik di Tahun 2016
Taurus 2x2, sepeda motor offroad yang bisa dibongkar pasang. Foto: taurus

NaikMotor – Memasuki tahun baru 2017 tentunya kita tak akan melupakan momentum-momentum di tahun lalu. Termasuk motor-motor berdesain unik di tahun 2016.

Berikut adalah rancangan sepeda motor unik yang muncul pada 2016:

Lazareth LM847, dengan dimensi super masif dan bertenaga 470 daya kuda perlu trik tertentu untuk mengendarainya.

Motor-motor Berdesain Unik di Tahun 2016
Lazareth LM847, bermesin Maserati untuk menyindir regulasi Perancis. Foto: lazareth

Produk buatan Ludovic Lazareth itu sepertinya untuk menyindir aturan pembatasan daya sepeda motor di Perancis. Kala itu, Perancis menerapkan batasan maksimal 100 daya kuda untuk sepeda motor jalan raya.

LM847 seperti namanya menggunakan mesin Maserati 4.700 cc 470 daya kuda. Sepeda motor beroda dua pasang itu dilengkapi dengan fitur tilting 4 wheel, dan 4 swingarm single sided, rem ditempatkan pada pelek, stang dual hub dan banyak fitur yang unik dan tak biasa dipasangkan Ludovic padanya. Selama 9 bulan setelah diperlihatkan pun, publik masih saja membicarakannya.

EsCargo, sepeda motor listrik dengan gaya kargo Belanda.
EsCargo didesain oleh mahasiswa Australia, Oscar Fehlberg meniru sepeda troli yang umum terlihat di Belanda. Sepeda motor listrik itu di bagian depannya dilengkapi bagasi terbuka seperti keranjang troli sepanjang 1 meter, sehingga pengendaranya bisa mengawasinya saat bergerak. EsCargo bisa memuat sekitar 150 kg barang bawaan.

Motor-motor Berdesain Unik di Tahun 2016
EsCargo, sepeda motor listrik dengan bagasi depan 1 meter, inspirasi dari sepeda kargo Belanda. Foto: istimewa

Keunikannya ada pada sistem kemudi depannya yang bermodel double knuckle, mirip pada mobil SUV seperti Jeep Willyz atau Toyota FJ40.

Terracraft, tilting 3 wheeler memanfaatkan sistem komputer untuk menentukan seberapa miring roda depan (tilting) saat berbelok.

Motor-motor Berdesain Unik di Tahun 2016
Terracraft, 3 wheeler tilting, dengan sudut kemiringan diatur komputer. Foto: wes

Terracraft didesain oleh James Abbot dari Texas, Amerika Serikat. Perancangannya telah memakan waktu setahun. Seperti trike tetapi Terracraft dilengkapi dengan sistem komputer yang bertindak seperti co-driver. Sistem yang akan menghitung seberapa sudut kemiringan ketika menikung. Sistem bekerja sangat cepat, menghitung 1.000 data dalam sedetik. Terracraft mampu menikung dengan sudut kemiringan hingga 30 °.

“Seperti bergerak sendiri, dengan organ yang akan mengatur pergerakan suspensi depannya,” papar James Abbot yang dijuluki Wes itu.

Taurus 2×2, sepeda motor untuk keperluan pertanian dari Rusia.Taurus 2×2 dengan ban gemuk ukuran 25″, dan sistem gerak semua rua roda sederhana akan mampu menembus jalanan berlumpur dan licin. Keunikannya, sepeda motor mudah dibongkar pasang, hanya dalam beberapa menit sehingga bisa dimuat dalam bagasi mobil, selama ada ruang untuk kedua roda besarnya itu.

Motor-motor Berdesain Unik di Tahun 2016
Taurus 2×2 bisa dibongkar dan dimuat dalam bagasi mobil SUV. Foto: taurus

Selain itu, mesinnya pun bisa dipilih atau ditentukan oleh pemiliknya. Mulai dari mesin genset Honda GX210 hingga mesin pemotong rumput, tergantung kebutuhan daya dan berat mesin itu sendiri.

Motor-motor Berdesain Unik di Tahun 2016
Taurus 2×2, sepeda motor pertanian Rusia dengan mesin genset mini. Foto: taurus

Dengan mesin GX210 maka berat keseluruhan akan mencapai 82 kg. Bahkan dengan mesin lebih kecil beratnya bisa sekitar 60 kg saja. Semakin ringan tentunya akan memudahkan saat melahap trek yang sulit atau berlumpur.

Motor-motor Berdesain Unik di Tahun 2016
Taurus 2×2 bisa dibongkar pasang dalam waktu singkat. Foto: taurus

Keunikan lainnya, agar bisa bertraksi di lumpur, maka tekanan ban harus sekitar 3 psi saja. Selain itu, agar Taurus tetap nyaman, pasalnya ia tidak dilengkapi suspensi predaman.

Taurus dilengkapi transmisi 2 percepatan dan kecepatan puncaknya hanya 35 km/jam saja, cukup untuk merayapi tanjakan terjal dan menjelajah jalanan berlumpur. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here