Modifikasi Yamaha TMax Roda Tiga Eksentrik Karya Lazareth

1
Modifikasi Yamaha TMax
Ludovic Lazareth ubah TMax jadi beroda tiga. Foto: motoblog

NaikMotor – Masih ingat konsep Yamaha MWT-09, sepeda motor tilting front wheeled dan juga Tricity. Rupanya konsep itu menjadi ide bagi Ludovic Lazareth, builder dari Inggris, untuk melakukan modifikasi Yamaha TMax  roda tiga, Lazareth MT3.   

Lazareth MT3, memang berbasis Yamaha TMax, yang telah diubah menjadi three-wheel scooter high performance. Scooter three wheeled saat ini tengah popular khususnya bagi masyarakat perkotaan yang menginginkan sepeda motor praktis untuk commutting. Tetapi kepraktisan pun bukan satu-satunya faktor, sebab performa pun menjadi penentu ternyata.

Yamaha memang telah menawarkan Tricity yang berkapasitas 155cc dan 125cc di Eropa. Tetapi dengan kubikasi itu tampaknya kurang cukup bagi builder Inggris, Ludovic Lazareth. Builder sekaligus pelatih kegiatan outdoor di Alpin itu menggoreskan imajinasinya ke Yamaha TMax 530.

Hasilnya memang tidak sehebat konsep Yamaha MWT-09, tetapi itu sudah cukup bagi Ludovic. Sebenarnya pabrikan lain seperti Piaggio menawarkan MP3 500 Sport yang setara, tetapi sepertinya kurang menarik baginya.

Kini Lazareth TMax MT3, menggunakan ban ukuran 12″ untuk kedua ban depannya. Mekanisme tilting roda depannya menggunakan produk pabrikan lain. Sistem mekanisme swing analog itu telah menambah berat 18 kg.

Perangkat juga dilengkapi tilt locking electronic, sistem pengunci saat berhenti agar skuter bongsor tetap tegak yang dioperasikan secara elektronik. Sayang tak disebutkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan Lazareth untuk mewujudkan MT3 impiannya. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*