Hasil Tes MotoGP Australia: Rossi dan Iannone Serbu Marquez di Akhir Sesi

3
Tes MotoGP Australia
Marc Marquez menjadi pembalap tercepat di hari pertama Tes MotoGP Australia. Foto: HRC

NaikMotor – Serbuan kecepatan dua pembalap Italia, Valentino Rossi dan Andrea Iannone menjadi kejutan di penghujung hari pertama tes MotoGP Australia 2017 (15/2/2017). Rossi dan Iannone berhasil mendekati pencapaian waktu lap terbaik Marc Marquez yang menjadi pembalap tercepat di hari pertama.

Marquez sudah mendominasi sejak pertengahan sesi tes, menggusur Maverick Vinales di posisi teratas perolehan waktu lap tercepat. Baby Alien menjadi pembalap pertama yang mendobrak waktu putaran di kisaran 1 menit 29 detik. Kecepatannya terus menanjak, hingga akhirnya ia mendekap waktu lap terbaik 1 menit 29,497 detik.

Beberapa menit menjelang tes berakhir, hanya Vinales yang bisa mendekati perolehan Marquez, terpaut 0,492 detik lebih lambat. 10 menit terakhir tes berlangsung, Iannone yang menggunakan konfigurasi anyar motor Suzuki GSX-RR melompat ke urutan dua, setelah mencetak waktu lap 1 menit 29,926 detik. Satu menit kemudian, giliran Rossi yang unjuk nyali, membuat rekor waktu terbaiknya di hari pertama, yakni 1 menit 29,683 detik.

tes_motogp_australia_5

Sementara itu, mesin ‘Big Bang’ yang tertanam pada Honda RC213V 2017 terlihat sudah mendapatkan settingan optimal. Bukan hanya Marquez yang tampil sangat cepat, pembalap tim satelit LCR Honda, Cal Crutchlow yang juga pemenang MotoGP Australia 2016 melejit kecepatannya, sampai akhirnya menempati urutan kelima.

Anomali terjadi di kubu Ducati, di mana dua pembalap tim pabrikan, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso masih kalah cepat dari Danillo Petrucci. Dovi memulai sesi tes dengan baik, sempat mengisi daftar lima besar pembalap tercepat. Tapi, kecepatannya stagnan, dan waktu lap terbaiknya terpaku di 1 menit 30,410 detik.Petrucci juga lebih unggul dari Dani Pedrosa yang sempat mengukir waktu tercepat di awal tes bergulir.

tes_motogp_australia_3

Di sisi lain, Lorenzo yang menjelma sebagai bintang baru di Tim Ducati tertahan di urutan 11. Pemegang tiga gelar juara dunia MotoGP itu tak bisa beranjak lebih jauh dari waktu lap terbaik 1 menit 30,631 detik.

Hari pertama tes MotoGP Australia agaknya menjadi ujian cukup berat buat para rookie di MotoGP. Hanya Jonas Folger yang bisa menembus 10 besar daftar waktu lap terbaik, sedangkan Johann Zarco, dan Alex Rins, masing-masing menempati urutan 15 dan 19. Rins belum mampu mengitari Sirkuit Phillip Island dalam waktu lebih cepat dari 1 menit 31 detik. (Yudistira/nm)

tes_motogp_australia_hasil

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY