Komentar Pembalap di Hari Pertama Tes MotoGP Australia 2017

0
hari pertama Tes MotoGP Australia 2017
Iannone meledat di akhir sesi tes hari pertama MotoGP Australia. Foto: Suzuki

NaikMotor – Hari pertama tes MotoGP Australia 2017 di Sirkuit Philip Island, telah dijalani 22 pembalap MotoGP, Rabu (15/2/2017) dengan beberapa kejutan.

Para pembalap tim pabrikan menunjukkan persaingan sengit dalam hal perolehan catatan waktu lap terbaik, di mana Marc Marquez menjadi yang tercepat di hari pertama tes MotoGP Australia 2017.

Marquez tidak langsung mendapatkan kecepatan optimal di awal sesi tes berlangsung. Ia harus meraba setup elektronik dan mesin terbaru dari Honda RC213V miliknya. Setelah mendapatka feeling yang pas, ia melejit dan mampu mencetak waktu lap tercepat, yakni 1 menit 29,497 detik.

“Kami membutuhkan banyak waktu untuk menyesuaikan setting elektronik dengan konfigurasi mesin baru. Kami kehilangan banyak waktu di sesi pagi hari, ini menjadi perhatian kami, karena saat jadwal balapan nanti, kami tidak punya waktu sebanyak ini. Tentunya (karena) semua baru saat ini,” kupas Marquez.

Foto: Yamaha
Foto: Yamaha

Jika Marquez sudah bisa mendapatkan kecepatan terbaiknya beberapa jam sebelum tes berakhir, lain lagi dengan Valentino Rossi yang harus berupaya sampai menit terakhir guna meningkatkan kecepatannya. The Doctor melesat di 10 menit terakhir tes hari pertama, dan menempati urutan kedua, meraih waktu lap hanya 0,1 detik lebih lambat dari Marquez.

“Ini merupakan hari yang menyenangkan, saya cukup puas dengan hasil hari ini. Kami memulai (tes) dengan kesulitan di pagi hari. Kami bekerja keras saat waktu istirahat, dan di sore hari situasi berubah. Dengan ban baru, saya bisa melakukan putaran dengan baik, dan posisi kedua merupakan hasil positif untuk hari pertama,” papar Rossi.

Foto: Honda
Foto: Honda

Sementara itu, kerja keras Andrea Iannone menggabungkan setup lama dan baru pada motornya memberikan hasil menggembirakan. Pembalap Suzuki Ecstar tidak bisa mempertajam catatan waktunya dengan signifikan sejak awal tes, tapi di akhir, ia merasa motornya sangat mumpuni dan bisa menundukkan waktu lap terbaik ketiga.

“Pagi hari ini sangat sulit untuk kami. Tim tidak bisa mendapatkan setting yang membuat saya percaya diri. Tapi, di sore hari kami mengubah beberapa settingan dan mendapatkan peningkatan (kecepatan) sedikit demi sedikit. Di sesi akhir (tes) saya merasa senang karena mesin sudah lebih baik, begitu juga dengan feeling dan kecepatan saya. Ini merupakan hasil yang positif, karena kami bisa mengubah situasi yang sulit menjadi hal yang positif,” jelas Iannone.

Foto: Yamaha
Foto: Yamaha

Meskipun tidak meraih waktu lap tercepat di hari pertama tes MotoGP Australia, Maverick Vinales tetap puas dengan penampilannya di atas Yamaha M1. Pembalap berjuluk ‘Top Gun’ kini lebih fokus mendapatkan konsistensi kecepatan.

“Kami sudah lebih baik dalam hal kecepatan, saya merasa nyaman. Kami masih memiliki waktu sampai (tes MotoGP) Qatar untuk bisa lebih cepat dan meningkatkan kemampuan motor, keinginan saya di sini adalah bisa konsisten dan sangat cepat,” cetus Vinales.

tes_australia_17_5

Hasil kurang memuaskan didapatkan Jorge Lorenzo yang hanya sanggup mengisi urutan ke-11. Masalah pada pemilihan ban membuatnya tidak bisa menyelesaikan sesi tes dengan maksimal.

“Masalahnya adalah dua jam sebelum tes kami menggunakan ban belakang baru, dan tidak bekerja seperti yang sebelumnya, saya hampir terjatuh di tikungan tiga. Kami menghentikan tes karena terlalu berisiko dan kami tidak bisa berkembang seperti yang lain. Tapi ini lebih baik dibandingkan hari pertama di Sepang,” curhat Lorenzo.

Nah, demikian komentar para pembalap top di hari pertama tes MotoGP Australia 2017, kita tunggu dua hari ke depan siapa yang mampu meningkatkan performanya. Mungkin saja mereka sengaja menyembunyikan kekuatan sebenarnya agar tidak diketahui lawan nanti. Bisa saja. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here