Ulang Tahun Rossi ke-38 di Tes MotoGP Australia, Bidik Gelar ke-10

0
Ulang Tahun Rossi ke-38
Hari ini, 16 Februari 2017 menjadi ulang tahun Valentino Rossi ke-38. Foto: Yamaha

NaikMotor – Hari ini, 16 Februari 2017, menjadi hari spesial bagi pemegang gelar juara dunia sembilan kali balapan GP, Valentino Rossi. Ulang tahun Rossi ke-38 dirayakan di saat hari kedua tes MotoGP Australia 2017.

Meski dibilang tak muda lagi, namun The Doctor masih menyimpan obsesi untuk melengkapi gelarnya ke-10 serta rekor kariernya, sebagai pembalap tertua yang masih aktif dan memenangkan seri balapan MotoGP.

Usia bukanlah penghalang Rossi untuk terus meningkatkan kemampuannya. Terbukti, di hari pertama tes MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island kemarin, juara dunia MotoGP berturut-turut tahun 2001 sampai 2005 itu tak berhenti berusaha bersaing dengan pembalap muda menggapai waktu tercepat.

Hasilnya, ia bisa mendapatkan waktu lap terbaik kedua, hanya sekitar 0,1 detik lebih lambat dari Marc Marquez yang meraih waktu lap tercepat, bahkan mengalahkan rekan setimnya, Maverick Vinales.

ulang_tahun_rossi_ke-38_australia-2

Bicara prestasi, saat ini Rossi menempati urutan kedua daftar pembalap tertua yang berhasil memenangkan balapan MotoGP. Saat memenangkan balapan di Catalunya, Rossi sudah berusia 37 tahun 110 hari. Tapi, Troy Bayliss masih memegang rekor pembalap tertua yang menang di MotoGP, yakni 37 tahun 213 hari kala menjadi kampiun MotoGP Valencia tahun 2006.

Melihat kemampuan Rossi saat ini, bukan tidak mungkin ia bisa mempertajam rekornya di kelas tertinggi balap motor dunia. Jika mampu memenangkan balapan di MotoGP Qatar, pemilik nomor identik #46 itu akan tercatat sebagai pembalap tertua ketujuh yang bisa memenangkan balapan Grand Prix, menggeser posisi Nello Pagani yang memenangkan balapan di Monza, Italia tahun 1949 dalam usia 37 tahun 328 hari.

Jika Rossi benar-benar akan menyudahi kariernya sebagai pembalap MotoGP usai kompetisi tahun 2018, ia masih mungkin untuk mengejar rekor milik Jack Ahearn yang memenangkan balapan di usia 39 tahun 327 hari tahun 1964 lalu.

Tapi, sesungguhnya bukan hanya rekor kemenangan sebagai pembalap tertua yang menjadi incaran Rossi saat ini. Targetnya lebih dari itu, yang mana ia masih menggebu untuk mendapatkan titel juara dunia kedelapan di MotoGP dan kesepuluh di semua kelas grand prix.

rossi_ulang_tahun_vietnam
Foto: Yamaha

Sebelum terbang ke Australia, Rossi sudah lebih dulu mendapat kejutan ulang tahun di Vietnam. Di sana Rossi dan Vinales juga menyematkan bendera Vietnam di motor Yamaha M1 mereka sebagai bentuk sponsorship dari Yamaha Vietnam.

Selamat ulang tahun Rossi ke-38! Forza Vale!!! (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here