Suzuki Bersiap Kembangkan Sendiri Sistem HUD pada Helm

0
Suzuki bersiap Kembangkan Sendiri Sistem HUD pada Helm
Suzuki kembangkan sistem HUD lengkap dengan kamera belakang. Foto: Morebike

NaikMotor – Berdasarkan aplikasi paten yang bocor ke publik, diketahui pabrikan motor Suzuki bersiap kembangkan sendiri sistem HUD pada helm.

Berbeda dengan yang dilakukan Pierer Industries induk perusahaan KTM beberapa waktu yang mengembangkan Head Unit Display (HUD) yang bekerja sama dengan Nuviz, pabrikan berlogo S itu malah mengandalkan pengembangannya dengan sumber daya sendiri.

Tetapi Suzuki tidak akan membuat in-helmet augmented-view system itu untuk produk skuter matik seperti dalam tergambar dalam sketsa paten, namun diklaim akan bisa diterapkan pada berbagai model sepeda motor. HUD awalnya dikembangkan pada pesawat tempur dan diterapkan pada mobil-mobil mewah, namun sejak beberapa tahun belakangan mulai diterapkan pada helm sepeda motor.

Suzuki Kembangkan Sendiri Sistem HUD pada Helm
HUD helm Suzuki bukan hanya dikembangkan untuk skuter matik saja, tetapi kelak diterapkan pada berbagai model dan kapasitas. Foto: Morebikes

HUD Suzuki itu akan menggunakan layar kecil dan proyektor untuk mengumpan informasi ke bagian dalam visor, dan terbaca sebagai informasi penting bagi pengendara. Berbagai informasi penting bagi pengendaraan itu seperti kecepatan, kondisi bahan bakar, putaran mesin, hingga informasi kondisi lalu lintas sekitar secara live.

Sistem juga akan menampilkan citra di belakang sepeda motor secara real time dan menayangkannya di layar depan visor helm. Karena sistem juga memanfaatkan kamera di belakang yang memantau area itu. Sehingga berfungsi seperti spion, kamera video itu diletakkan di bawah jok pembonceng.

Tetapi ada satu rancangan penting yang cerdas, sistem aktif dan akan memutar kamera dengan arah yang sama ke arah yang dilihat pengendara. Jadi jika saat pengendara menolehkan pandangannya ke kiri misalnya, maka kamera belakang itu akan memutar ke kanan. Tujuannya agar otak akan lebih responsif ketika merespon daripada hanya tayangan gambar jalanan di belakang saat sepeda motor menikung.

Seperti disebutkan di atas, pada paten itu model untuk penerapan HUD berkamera spion adalah skuter matik. Tetapi kelak semua pengembangan rancangan utama akan diterapkan pada berbagai model dan kapasitas. Kelak akan menjadi bagian dari fitur berteknologi sepeda motor berukuran besar.

Jika kelak sudah terwujud, maka HUD Suzuki itu akan menjadi fitur berteknologi pertama yang dikembangkan sendiri oleh pabrikan sebagai teknologi in-helmet. (Afid/nm)

Suzuki Kembangkan Sendiri Sistem HUD pada Helm
Flowchart cara kerja HUD helm Suzuki. Foto: Morebike

LEAVE A REPLY