Tes Kedua MotoGP Valencia: Iannone dan Rins Terlempar ke Tembok Sirkuit

2
Tes Kedua MotoGP Valencia: Iannone dan Rins Terlempar ke Tembok Sirkuit
Marc Marquez dan Andrea Iannone melakukan putaran pada tes MotoGP Valencia hari kedua. Foto: Crash Media

NaikMotor – Tes MotoGP Valencia memasuki hari kedua bergulir hari ini, Rabu (16/11/2016). Beberapa tim menjajal motor baru yang akan digunakan musim depan.

Setelah beradaptasi dengan Ducati Desmosedici GP16 pada hari pertama, Jorge Lorenzo mencoba Desmosedici GP 17, seperti yang digunakan oleh Andrea Dovizioso. Motor tersebut memiiki sasis dan penyesuaian pada sektor mekanis.

Dua jam pertama sesi tes hari kedua, Dovi menuduki urutan delapan, setelah menorehkan waktu lap 1 menit 31,796  detik. Sedangkan Lorenzo 0,369 detik lebih lambat, menempati urutan ke-10.

Marc Marquez dan Dani Pedrosa yang menjajal segala hal baru pada Honda RC213V, termasuk sasis dan mesin, sementara menempati dua urutan teratas. Marquez sempat terjatuh, beruntung ia tidak mengalami cedera.

Aleix Espargaro nampak nyaman menunggangi Aprilia RS-GP, sehingga mampu bertengger di posisi tiga, mengemas waktu 1 menit 31,338 detik, lebih lambat 0,709 detik dari Marquez.

Duo Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang menjadi dua pembalap tercepat pada tes hari pertama masih tertahan dengan catatan waktu lap 1 menit 31,567 detik dan 1 menit 31,593 detik, singgah di urutan lima dan enam.

Punggawa tim Marc VDS, Jack Miller dan Tito Rabat mendapatkan hasil lebih baik setelah dibekali sasis baru pada RC213V pacuannya. Miller sementara berada di peringkat empat, sedangkan Tito ke-11.

Para rookie di MotoGP mulai menunjukan perkembangan di hari kedua. Jonas Folger akhirnya bisa menaklukan waktu lap kisaran 1 menit 31 detik, sementara Johan Zarco memiliki waktu lap terbaik 1 menit 32,448 detik, menempatkannya di urutan 13. Sam Lowes absen di tes hari kedua menyusul kecelakaan yang ia alami kemarin.

Nasib kurang menyenangkan menimpa Alex Rins dan rekan setimnya Andrea Iannone yang mengalami kecelakaan di tikungan ke-12 Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Akibat insiden tersebut, Rins harus dibawa ke tempat perawatan medis.

Setelah kecelakaan Rins dan Iannone, tembok pengaman di tikungan 12 ditambah untuk meningkatkan keamanan. (Yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here