Heboh Mesin Baru Harley-Davidson Milwaukee-Eight

1
169
milwaukee-eight

milwaukee-eight
Mesin baru Harley-Davidson Milwaukee-Eight 107. Foto: H-D

NaikMotor- Mesin baru Harley-Davidson Milwaukee-Eight berkapasitas 1.750cc dan 1.870cc diluncurkan setelah mereka bertahan 15 tahun dengan Twincam sejak 1999.

Mesin Milwaukee-Eight dikatakan sebagai mesin yang menjanjikan dengan pendinginan yang lebih baik, lebih kuat, mereduksi getaran, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan suara knalpot juga lebih baik.

Mesin generasi keenam dalam sejarah H-D dan edisi kesembilan dari lineup BIg Twin juga dirancang lebih kompak dan ringan karenanya tidak kompatibel dengan motor H-D generasi tua.  Ada dua tipe mesin yang ditawarkan yakni Milwaukee-Eight 107 dan Milwaukee- Eight 114 untuk model H-D Touring dan Trike.

milwaukee-eight

Milwaukee-Eight 107 (1.750cc) akan digunakan di Harley-Davidson Street Glide, Road Glide, Electra Glide, Road King, dan model Freewheeler.  Sementara Milwaukee-Eight 114 (1.870cc)  akan dibenamkan di motor Ultra Limited, Road Glide Ultra, dan Tri Glide Ultra serta line-up Custom Vehicle Operation.

Mesin baru mempertahankan desain 45 derajat V-twin yang menjadi ikonik H-D, tapi kini memiliki konfigurasi satu cam untuk empat katup – setiap silinder sekarang memiliki dua katup intake dan dua katup buang.  Kompresi rasio yang tinggi, kapasitas lebih besar dan katup lebih banyak, Harley-Davidson mengklaim mesinnya menghasilkan torsi 10 persen lebih besar ketimbang mesin yang digantikannya.

Meskipun terdapat peningkatan daya, namun mesin baru memiliki bobot sama dengan unit lama, namun memberikan  akselerasi yang lebih baik dan meningkatkan ekonomi bahan bakar. Milwaukee-Eight 107 juga memiliki sistem pendinginan oli di silinder head.

“Ini motor baru, dari mulai ujung ke ekor,” kata Alex Bozmoski, chief engineer Harley-Davidson produk baru yang berpengalaman 34 tahun dengan H-D dalam pengembangan mesin Twin Cam.

(Arif/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*