Gemini T014, Gaya Motor Custom Reli Klasik Kolaborasi Den Dimas dan Thrive

0
Thrive Den Dimas Kustom
Gemini T14, sepeda motor kustom hasil kolaborasi Den Dimas dan Thrive Motorcycle yang berbasis Royal Enfield Himalayan. Foto: Istimewa

NaikMotor – Thrive Motorcycle melakukan custom terhadap Royal Enfield Himalayan milik Den Dimas dengan menggunakan teknik  3D Printing dan menghadirkan konsep yang out-of-the-box. Hasilnya adalah sosok Gemini T014 beraura motor reli klasik 1980-an.

Bersama Den Dimas, Thrive Motorcycle berkolaborasi untuk menciptakan motor custom spektakuler berbasis RE Himalayan. Motor kustom ini diklaim menjadi wujud nyata dari passion dan antusiasme Den Dimas sebagai pecinta kendaraan roda dua sekaligus penggemar Royal Enfield.

Thrive Motorcycle dan Den Dimas menggunakan teknik 3D-printing dalam pengerjaannya, sehingga sepeda motor ini bernilai makin unik. Teknik baru ini bisa menjadi inspirasi baru bagi para custom builder untuk mengeksplorasi ide kreatif mereka.

Thrive Den Dimas Kustom
(Kiri – Kanan) Barata Dwiputra dan Den Dimas bersama dengan Gemini T14 di Royal Enfield Booth IIMS Hybrid 2021

Proyek kustom kerja sama ini berawal dari inisiatif Den Dimas untuk mendekati Thrive guna memodifikasi beberapa bagian dari RE Himalayan 2019 miliknya, tanpa perlu memotong rangka. Thrive pun memberi usul ide-ide yang out-of-the-box, yaitu menggunakan elemen yang dicetak lewat 3D-printer sebagai cetakan utama, sehingga tidak perlu membentuk dan membengkokkan lembaran logam.

Den Dimas pun menyetujui gagasan duplikasi, di mana cetakan ini bisa dibuat berkali-kali untuk pengendara lain yang ingin memiliki penampilan motor berbeda tanpa memerlukan usaha atau waktu yang lama.

Thrive Den Dimas Kustom

“Dalam proses modifikasi, kami melepas panel samping asli dan fender belakang untuk melihat dengan jelas anatomi kerangka asli dan memindainya ke kanvas digital. Kami lalu memasukkan sentuhan desain Dakar Rally untuk sepeda motor Den Dimas, karena kami yakin ini menjadi kombinasi sempurna dengan rangka pabrikan Royal Enfield. Setelah itu, kami mencetak panel depan baru dan menggabungkan panel bodi samping dengan fender belakang sebagai satu kesatuan,” papar Barata Dwiputra (Design & Fabrication), Co-founder Thrive Motorcycle.

Barata Dwiputra (Design dan Fabrication), Co-Founder of Thrive Motorcycle

Setelah itu, Thrive menambahkan fiber glass ke seluruh cetakan untuk bodi RE Himalayan yang baru. Ditambahkan juga motor Den Dimas tersebut dengan elemen lain, seperti lampu sein Footpegs THRV Odipus Mk 2, THRV terbaru, Stang Aluminium THRV Scrambler 7/8, Sistem Kunci Kursi Cetak 3D, Knalpot Stainless Kustom THRV, Brace Headlight 3D Printed, Undertail Cover, Tail tidy, dan Passenger Footstep Cover.

“Saya sangat tertarik untuk memodifikasi Royal Enfield Himalayan ini, karena saya belum pernah melakukan kustomisasi menggunakan sepeda motor yang memiliki akar British dan jiwa India. Himalayan adalah kanvas yang sempurna untuk proyek ini karena sepeda motor ini punya jiwa petualang yang kuat, sangat tangguh untuk semua medan, namun tetap memiliki sentuhan klasik ikonik yang tidak dimiliki sepeda motor adventure lain,” ujar Den Dimas.

Den Dimas, Content Creator and Motorcycle Enthusiast

Tema besar yang dibawa Thrive dalam kustom kali ini rupanya terinspirasi dari Porsche 911 RS yang merupakan mobil khusus yang dirancang oleh Porsche untuk Rothmans Rally Team untuk berlomba di tahun 1984 silam.

Untuk meningkatkan atmosfer Rally, Den Dimas dan Thrive mengaplikasikan kombinasi warna yang dapat menarik perhatian. Custom-build yang diberi nama GT14 “Gemini T14” ini juga memiliki tujuan yang sama dengan skema warna, yaitu berarti sepeda motor ini bisa beradaptasi di berbagai kondisi jalan dan mudah bergaul dengan orang baru. (Litha/Prob/NM)

Spec Sheet

Bike name : Gemini
Production Code : #T014
Workshop : Thrive Motorcycle
Donor bike : Royal Enfield
Model : Himalayan 411
Year of Production : 2019
Category : Air-Cooled, Single Cylinder, 4 stroke Engine, SOHC
Year of build : Late Dec 2020 – March 2021
Hour of Build : Approx 592 Hours
Frame Modification : Stock
Bodywork : Custom Fiber Half-rear body panel and Front Side Panel
Bodywork Add On : Custom Side Frame and Fog Light Bracket, 3D Printed seat lock system, 3D Printed Headlight Braces,
Tail Tidy, Number Plate Pan and Under Tail Cover
Front Fender : Stock
Seat : Stock (Front)
Exhaust : Custom Made T/H/R/V Stainless Steel Silencer with Aluminum Bracket
Front suspension : Stock
Rear suspension : Ohlins RE 907
Swing arm : Stock
Drive System : Stock
Brakes & Caliper : Stock
Footpegs : T/H/R/V Odipus Mark II Front for Moto Guzzi
Handlebar : T/H/R/V 7/8” Aluminum
Hand grip : Stock
Switch : Stock
Windshield : Stock
Lever Control : Stock
Throttle : Stock
Air FIlter System : Stock
Wheels : 21” and 17” Stock Rims
Tire : Pirelli Scorpion MT60
Chain : Stock
Speedometer : Stock
Turn Signal : Custom T/H/R/V Turn Signal (prototype)
Head lamp : Stock
Side Lamp : Pair of PIAA Fog Lamp
Stop lamp : Stock
Body Finishing : Dark Blue & Red, Pale Gold Lines over White, Pale Satin Gold for Triple tree & Rims

LEAVE A REPLY