Meski Pandemi, Statistik Pasar 2020 ACEM Tunjukan Peningkatan Penjualan Eropa

0
21
Pasar Motor 2020 Eropa
ACEM menyebutkan ada peningkatan registrasi sepeda motor untuk pasar Eropa di tahun 2020. Foto: ACEM

NaikMotor – Meski 2020 merupakan tahun yang sulit bagi sektor sepeda motor, Association des Constructeurs Europeens de Motocycles atau ACEM mencatat peningkatan registrasi atau pendaftaran sepeda motor di Pasar Eropa

Dari statistik ACEM mengenai pasar 2020, ada kenaikan pendaftaran sepeda motor di Eropa yang mana merupakan tahun sulit bagi sektor kuda besi di Eropa. Lockdown nasional digelar pada musim semi, padahal biasanya justru menjadi momen kenaikan bagi pasar sepeda motor. Saat Lockdown, pasar sepeda motor pun mengalami penurunan tajam hingga pemberhentian dari registrasi. Rantai logistik di semua tingkatan juga terganggu aik untk produsen maupun pemasok, sehingga berdampak pada produksinya.

Pasar sepeda motor dan moped terbesar Eropa berhasil pulih setelah musim semi, di mana sukses mencapai peningkatan keseluruhan sebesar 4% dibanding data tahun 2019 meski hasilnya berbeda di seluruh negara. Belanda dan Jerman mencatat kenaikan substansial +30,3% dan +27%. Sementara yang lain seperti Spanyol (-8,8%) dan Italia (-5,3%) masih tertinggal dari data 2019.

ACEM juga menjelaskan bahwa secara umum, pasar pulih bertahap di semester kedua, meski angka positif di akhir tahun lalu juga sebagian terkait dengan pra-registrasi yang dilakukan oleh importir dan diler, karena berakhirnya validitas persetujuan Euro 4 pada 31 Desember 2020 untuk produksi berada di luar ketentuan akhir seri.

Totalnya ada 883.102 sepeda motor yang terdaftar pada tahun 2020 di lima pasar terbesar Eropa, yaitu Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, dan Inggris. Hal ini merupakan peningkatan marjinal sebesar 1% dibanding 2019. Pasar motor terbesar Eropa tahun 2020 dipegang oleh Jerman dengan 220.304 unit, Italia 218.027 unit, dan Prancis 191.231 unit.

“Sebagian besar, pemulihan pasar disebabkan oleh daya tarik dan kenyamanan yang diperbarui dari kendaraan roda dua bertenaga untuk perjalanan perkotaan dan pinggiran kota, dalam konteks sanitasi di mana transportasi umum belum dianggap sebagai pilihan yang aman oleh banyak warga. Selain itu, dengan berkurangnya kesempatan untuk berlibur ke luar negeri, sebagian besar konsumen yang harus menunda pembelian di musim semi masih memilih sepeda motor baru di akhir tahun, untuk kegiatan rekreasi seperti tur lebih dekat ke rumah,” ujar Antonio Perlot selaku Sekretaris Jenderal ACEM.

“Secara keseluruhan, sektor sepeda motor tampaknya telah melewati tahun yang sangat sulit dengan baik. Namun, melihat ke depan, juri masih belum menjawab, karena masih banyak pertanyaan mengenai efek keseluruhan dari pandemi yang sedang berlangsung, pada ekonomi UE dan mobilitas,” lanjutnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*