Wahana: Bukan Sebatas Penanda Sebelum Belok, ini Fungsi Lain Lampu Sein

0
48
fungsi lampu sein
Selain sebagai penanda ketika akan berbelok, lampu sein juga memiliki beberapa kegunaan lain. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Bukan hanya untuk menjadi indikator saat akan berbelok, rupanya lampu sein juga memiliki fungsi yang lain. Ini beberapa kegunaan lain lampu sein dari Wahana Honda… 

Lampu sein bukan sekadar hiasan! Lampu sein memegang peranan penting dalam kendaraan bermotor. Rupanya, selain sebagai penanda saat kendaraan akan belok, lampu sein memiliki beberapa manfaat lain, lho.

Lampu sein yang terletak di samping kiri-kanan lampu utama motor ini fungsi pertamanya tentu saja sebagai indikator saat motor akan melipir ke arah lain. Lampu sein akan menyala untuk mengisyaratkan pengendara di sekitar ke mana kita akan berbelok. Nyala lampu yang kanan atau kiri tergantung arah mana yang akan dituju.

Fungsi selanjutnya adalah sebagai tanda pindah jalur. Saat melalui jalan dengan 2 jalur atau lebih, lampu sein sangat penting untuk dinyalakan ketika hendak berpindah jalur. Dengan itu, pengendara yang sejalur dengan kita atau dari arah berlawanan pun bisa mengetahui dan mengantisipasinya.

Terakhir, hadir lampu sein adalah untuk membantu mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas. Bagaimana jadinya jika semua motor tidak dibekali lampu sein? Pengendara lainnya tidak akan tahu kemana orang lain akan berbelok dan tentu saja membuat kagok, bahkan bisa menimbulkan kecelakaan.

Lampu sein bukan sebatas pajangan. Pastikan untuk menggunakannya dengan baik ya Motoris… (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*