Yamaha Bakal Buat Dirt Bike Elektrik, Bodinya Mirip YZF250

0
34
Yamaha Dirt Bike Elektrik
Yamaha Dirt Bike Elektrik yang bakal dibangun ini ambil model bodi dan kerangka dari YZF250. Foto: Electrek

NaikMotor – Baru saja dikabarkan memiliki  E-MTB Full Suspension yang ciamik, Yamaha disebut-sebut bakal membuat dirt bike elektrik yang bodinya mirip YZF250. Yamaha akan membuat Dirt eBike-nya ini jadi Motocross elektrik setara 250cc pertama.

Setelah memanjakan penggemar dengan menampilkan E-MTB Full Suspension YDX Moro, Yamaha dikabarkan akan kembali menghadirkan inovasi terbaru dalam bentuk motor trail listrik atau motocross elektrik.

Electrek mewartakan Yamaha dirt bike elektrik ini masih belum memiliki nama pasti, dan sementara menggunakan moniker EMX Powertrain Project atau Electric Motocross Powertrain yang pengembangannya dilakukan oleh Yamaha Motor Europe N.V., bersama perusahaan listrik EV roda dua Dohms, produsen baterai Spike dan Royal Dutch Motocyclists Association (KNMV).

Dari gambar yang tersebar, pabrikan motor Jepang ini tampaknya akan menggunakan desain kerangka dan bodi motor dari Yamaha YZF250, lalu ditenagai oleh paket baterai dari Spike yang bisa diganti, dan Dohms hadir dengan drivetrain elektrik mereka.

Yamaha Dirt Bike Elektrik

Ide dirt bike elektrik ini rupanya sudah digagas oleh Elmar Dohms sejak satu setengah tahun yang lalu oleh pembalap MX, Elmar Dohms. Gagasan ini muncul setelah ia melihat keluhan kebisingan trek motor trail dan jalur balapnya justru menghambat pergerakan olahraga, serta kadang membuat treknya ditutup.

“Perubahan bersar sedang berlangsung dalam hal kebisingan dan kendala lingkungan, yang membatasi kesesuaian sepeda motor konvensional. Itulah mengapa saya melakukan studi kelayakan ke alternatif, yang menunjukkan potensi besar untuk motorcross bertenaga listrik,” ujarnya seperti yang dikutip dari Electrek.

Kontribusi Yamaha pada proyek EV ini menambah list EV baru yang perusahaan buat setelah sebelumnya mereka mengumumkan akan menghadirkan sepeda listrik gunung fullsus YDX Moro.

Tekad dan kerja keras Yamaha dalam urusan EV rupanya dilakukan karena mereka tidak mau ketinggalan dengan rivalnya yang sudah lebih dulu terjun ke dunia kendaraan listrik. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*