Dilalui Tiap Hari, Hindari Kecelakaan di Jalan Raya dengan Cara ini…

0
44
cara hindari kecelakaan
Wahana membagikan tips seputar cara menghindari kecelakaan di jalan raya. Foto: Wahana

NaikMotor – Jadi jalur yang dilalui hampir setiap hari dan rawan kecelakaan, Wahana Honda Motor pun membagikan beberapa cara sederhana untuk hindari kecelakaan di jalan raya. 

Wahana menginformasikan bahwa tiap tahunnya terjadi ratusan hingga ribuan kecelakaan di jalan raya yang sebagian besar menimpa pengguna sepeda motor. Ada banyak penyebab kecelakaan yang terjadi, baik dari diri sendiri maupun yang lain. Oleh karena itu, Wahana pun membagikan tips sederhana untuk agar terhindar dari kecelakaan dan selamat saat berkendara.

Kiat-kiat atau cara sederhana yang bisa dipahami dan diterapkan demi hindari kecelakaan di jalan raya antara lain adalah:

  • Cek kondisi kendaraan

Saat akan berpergian, pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan dengan seksama. Ketika memanaskan mesin, jangan lupa untuk mengecek rem, oli, rantai, dan kebersihan kendaraan. Hal dasar seperti ini sangat penting untuk membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan lebih lanjut di bengkel secara rutin/berkala. Motor juga harus dianti olinya setiap beberapa bulan sekali, atau sesuai kilometer, atau ganti beberapa komponen yang sudah layak diganti.

  • Gunakan alat pengaman yang baik dan sesuai SNI

Pastikan untuk mengenakan helm yang sudah SNI. Selain helm, kenakan juga jaket, sepatu, sarung tangan, dan masker, terlebih pada pandemi saat ini. Alat pengaman penting untuk menjaga diri dari panas terik, debu, virus, serta jika terjadi kecelakaan. Jika hanya pergi untuk jarak dekat, minimal gunakanlah helm.

  • Berkendara sesuai aturan

Sebagian besar kecelakaan terjadi karena pengemudi yang melanggar rambu dan aturan lalu lintas. Karenanya, pastikan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku di manapun berada. Dengan mematuhi peraturan lalu lintas, Anda telah menolong diri sendiri dan orang lain dari kemungkinan terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Itu tadi beberapa tips dari Wahana agar terhindar dari kecelakaan di jalan raya. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa saat berpergian agar terhindar dari mara bahaya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*