Ini 6 Tips Beli Otoped Listrik dari Melotronic Buat Pemula

0
43
tips beli skuter listrik
Foto: Segway Indonesia

NaikMotor – Distributor kendaraan listrik terpercaya, Melotronic, membagikan 6 tips untuk para pemula yang tertarik dan ingin membeli otoped listrik untuk pertama kalinya. Apa saja sih yang harus diperhatikan? 

Teruntuk motoris yang ingin berkecimpung ke dunia kendaraan khusus berpenggerak motor listrik tapi masih bingung, tidak usah khawatir! Bowo dari Melotronic membagikan 6 tips cara memilih otoped listrik (di Amerika Serikat dikenal sebagai e-scooter) untuk para pemula maupun yang ingin meng-upgrade otoped listrik mereka. Ini dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya:

  1. Budget
    Budget harus dipertimbangkan dengan saksama. Pertimbangkan seberapa besar dana yang kalian “rela” keluarkan untuk sebuah skuter listrik, baru setelahnya persempit pilihan harga skuter sesuai kantong masing-masing.Range harga skuter saat ini sekitar di bawah 5 juta, 5-10 juta, 10-20 juta, 20-30 juta, bahkan di atas 40 juta pun juga ada. Dengan budget yang Motoris miliki, harus realistis karena jika budget tidak terlalu besar, tentunya skuter yang didapat juga menyesuaikan karena skuter listrik yang didapat performa tidak setinggi yang lain dan tidak memiliki fitur-fitur premium. Di sisi lain, skuter listrik mahal pun belum tentu cocok dengan kebutuhan, jadi sesuaikan dengan budget dan kebutuhan, ya.
  2. Fungsi dan Kebutuhan
    Pastikan tujuan membeli skuter listrik. Apa hanya untuk bersenang-senang, dipakai kerja, untuk menggantikan motor/mobil, atau bagaimana? Lalu, kebutuhannya seperti apa? Apakah jalanannya mulus atau melewati jalan berlubang? Dari situ, Motoris bisa mengetahui skuter apa yang diperlukan. Yang membutuhkan baterai berkapasitas besar, atau malah perlu yang memiliki suspensi.
  3. Faktor Safety
    Pastikan skuter yang dipilih memiliki sistem pengereman yang baik.  Kalau ada sistem hidrolik, sebaiknya pilih yang hidrolik walau harganya pasti lebih mahal. Kalau sering riding di malam hari, sebaiknya pilih skuter yang sudah dilengkapi lampu, karena akan membantu agar kita lebih terlihat oleh pengendara dan pengguna jalan yang lain.
  4. Penyimpanan
    Untuk tempat penyimpanan skuter juga harus dipikirkan terlebih dahulu. Untuk rumah dengan garasi kecil atau apartemen, sebaiknya pilih skuter yang lebih compact karena bisa menghemat space, atau mungkin jika ingin dimasukan ke dalam mobil, sebaiknya pilih yang gampang dilipat.
  5. After Sales atau Maintenance
    Harus diingat bahwa suatu saat skuter listrik pasti akan bermasalah, seperti kelistrikannya, rem, ban, atau yang lainnya. Pastikan mendapat garansi waktu membeli skuter. Pastikan juga skuter diservis setiap pemakaian 500 sampai 1000 km.
  6. Test Drive
    Supaya lebih yakin, sebaiknya langsung datang ke toko dan mencobanya. Sehingga akan mendapatkan feel serta experience-nya. Tetapi, jika tidak bisa datang langsung ke toko, Motoris bisa mencari tahu seputar skuter listrik yang ditargetkan dengan melihat reviewnya di YouTube.

Pastikan skuter yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan benar-benar cocok, ya! Untuk informasi, tips, dan berita tentang skuter listrik lainnya, bisa dilihat di sini(Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*