Bakal Tempuh Perjalanan Jarak Jauh? Ini Perlengkapan Penting yang Harus Disiapkan

0
46
perlengkapan touring
Wahana membagikan tips seputar perlengkapan yang harus disiapkan dan digunakan untuk touring atau berkendara jarak jauh. Foto: Wahana

NaikMotor – Touring atau berkendara jarak jauh memang menyenangkan, tapi ada perlengkapan penting yang harus disiapkan, lho. Perlengkapan ini digunakan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. 

Ada beberapa perlengkapan penting yang harus dimiliki dan digunakan saat akan berkendara, terutama saat menempuh jarak yang jauh. Perlengkapan tersebut dipakai untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan di berbagai keadaan.

Demi mencegah hal tersebut, Wahana Honda pun membagikan tips bermanfaat seputar perlengkapan penting bagi Motoris yang akan melakukan touring:

  • Helm berstandar SNI

Penggunaan helm SNI merupakan aturan utama yang dianjurkan pemerintah dan hukumnya wajib. Setidaknya, pakai helm yang menutupi sebagian besar atau seluruh wajah (open face atau full face).

Fungsi dari helm itu sendiri adalah untuk melindungi bagian kepala dari cedera jika terjadi kecelakaan. Sebagian besar korban meninggal karena kecelakaan disebabkan oleh cedera pada bagian kepala, lho. Karena itu, pastikan helm-mu sudah SNI dan gunakan dengan benar, ya!

  • Jaket dan Pelindung

Perlengkapan selanjutnya adalah jaket tebal dan pelindung. Pelindung yang dipakai setidaknya adalah pelindung siku dengan bantalan tebal. Fungsinya adalah untuk melindungi siku saat terjatuh karena bagian ini rentan cedera jika terjadi kecelakaan.

  • Sarung Tangan

Pemilihan sarung tangan tergantung pada pilihan masing-masing penggunanya. Motoris bisa memilih sarung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan atau yang sebagian saja. Fungsi sarung tangan sendiri adalah untuk menjaga kondisi tangan dan melindunginya dari sinar terik matahari.

  • Celana Riding dan Pelindung Lutur

Selanjutnya, dianjurkan menggunakan celana khusus riding yang dilengkapi dengan bantalan di beberapa bagian tertentu, serta pelindung lutut. Fungsi kedua hal tersebut adalah untuk mengurangi kemungkinan cedera jika terjadi kecelakaan saat touring.

  • Sepatu

Tidak hanya untuk melingdungi kaki dari cedera dan sinar matahari, sepatu juga membyat kaki tetap nyaman saat berkendara. Oleh sebab itu, pastikan memakai sepatu dengan bahan yang nyaman dan sesuai dengan kaki. Jika memungkinkan, gunakan sepatu khusus untuk riding, ya.

Itulah beberapa perlengkapan penting saat berkendara jarak jauh yang harus diketahui dan diterapkan. Semua perlengkapan sama pentingnya dan tidak boleh ditinggalkan karena fungsi utamanya adalah untuk melindungi diri dari cedera jika terjadi kecelakaan di jalanan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*