Melotronic: Begini Cara Rawat Baterai Sepeda Listrik Agar Berumur Panjang 

0
330
merawat baterai sepeda listrik
Melotronic membagikan informasi seputar cara merawat baterai sepeda listrik agar awet. Foto: Melotronic

NaikMotor – Selalu membagikan informasi bermanfaat seputar kendaraan listrik, kali ini Melotronic memberikan informasi cara merawat baterai sepeda listrik agar awet dan tidak mudah rusak. 

Harga baterai sepeda listrik rupanya cukup membuat sang owner merogoh kocek lebih dalam. Sehingga, untuk menjaga keawetannya, baterai e-bike harus dirawat dengan baik agar tidak cepat rusak dan berumur panjang.

Beberapa cara merawatnya antara lain adalah saat selesai berkendara dengan sepeda listrik atau saat baterainya habis, segera lakukan pengisian ulang. Recharging baterai juga tidak sembarangan, lho. Caranya, matikan mesin, lalu cabut kuncinya. Jangan di-charge ketika mesin dalam keadaan off. Lalu cabut controller pada baterai dan sambungkan baterai ke soket listrik.

Selanjutnya, hindari tanjakan yang terlalu ekstrem, sebab itu merupakan kelemahan sepeda listrik, apalagi sepeda non premium pada saat melibas tanjakan. Jika memungkinkan, agar baterainya tetap awet, hindari medan tanjakan. Umumnya, kinerja e-bike lebih maksimal di medan datar atau rata. Saat melewati jalan menanjak, sebaiknya bantu jaga kinerja baterai dengan cara menggowes sepeda secara manual.

Kemudian, jangan langsung tancap gas saat riding. Disarankan urut gas secara perlahan waktu ingin menambah kecepatan. Bila tancap gas secara mendadak, hal itu akan berdampak pada penyerapan energi listrik dalam jumlah besar, dan berpotensi untuk merusak controller karena cepat panas. Jika hal tersebut sering terjadi, baterai akan cepat soak. Jadi, usahakan gas sepeda listrik dengan perlahan. Begitu pula saat berhenti, kendurkan gas dengan perlahan.

Terakhir, jangan biarkan baterai dalam keadaan kosong untuk jangka waktu yang lama. Jika dibiarkan kosong terus menerus, Melotronic menyebutkan bahwa usia baterai dijamin tidak akan lama. Sehingga baterai pun harus rutin di-charge.

Nge-charge pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Baterai yang kelamaan di-charge juga tidak baik. Cek buku manual untuk mengetahui durasi waktu charge baterai yang disarankan. Jika perlu, gunakan timer otomatis saat sedang mengisi ulang daya baterai.

Hal-hal di atas adalah beberapa tips untuk merawat baterai sepeda listrik agar bertahan lama, awet, dan tetap berfungsi dengan optimal. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*