Ternyata Pakai Pomade Bisa Merusak Helm

0
Ternyata Pakai Pomade Bisa Merusak Helm
Usia pakai helm bisa berkurang karena pomade berbahan dasar minyak. Foto: Pinlock

NaikMotor – Selain karena usia pakai ternyata bahan perawatan rambut bisa merusak helm. Seperti pomade bisa merusak helm sama halnya dengan menaruhnya di atas tutup tangki.

Itu diungkap oleh Ozzie Giglio, Boss Windy City Motorcycle Company, main diler Harley-Davidson Amerika Serikat dalam rangka National Check Your Helmet Month. Memang di Amerika Serikat, bulan April adalah bulan masa pemeriksaan helm yang diperingati setiap tahunnya.

Lebih lanjut Giglio menyebutkan, “Usia pakai helm adalah 3-5 tahun. Tetapi dalam 5 tahun banyak hal terjadi pada helm. Seperti radiasi sinar matahari, akumulasi keringat, minyak dari kulit kepala atau rambut bisa juga merusak komposisi bagian dalam helm.”

“Untuk itu, pertama periksa tanggal produksi yang hiasanya tertera di bagian dalam. Jika lebih dari 5 tahun, segera ganti dengan yang baru.

Jika masih jauh dari masa itu periksa bagian luar dulu adakah yang retak atau terkelupas. Retakan atau ada bagian terkelupas pada helm sama halnya sebagai tanda untuk segera mengganti dengan yang baru.

Selanjutnya periksa bagian dalam helm, terutama styrofoam-nya. Jika sudah ada bagian yang rontok atau terkelupas, itu tanda yang sama untuk segera ganti helm baru.”

Pada bagian lain Giglio menyebutkan agar helm dirawat secara teratur agar usia penggunaan bisa sesuai yang diharapkan. Seperti rajin membersihkan bagian luar dan dalam helm.

“Khusus bagian dalam beberapa penyebab lain bisa merusak styrofoam seperti produk perawatan rambut seperti gel atau pomade bisa merusak helm, khusus yang berbahan dasar minyak. Karena akan membuat styrofoam tadi larut atau paling tidak menyusut. Jadi jika motoris gemar menggunakan pomade berbahan dasar minyak, sering-seringlah mencuci bagian dalamnya.”

Kebiasaan menaruh helm di atas tutup tangki pun tidak disarankan, karena uap bensin bisa merusak lapisan dalam helm.

Terakhir demi keselamatan berkendara gunakan helm dengan benar, gunakan helm dengan ukuran yang sesuai, dan terikat dengan baik. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*