Kapan Kita Sebaiknya Ganti Helm?

0

Tips-helm
Paparan sinar UV dalam waktu lama akan membuat perekatan bagian internal helm berkurang, dan mengurangi kualitas perlindungan dari lapisan dalam helm. Foto: Dok.NMC

Jakarta (naikmotor) – Helm memiliki usia pakai. Pabrikan umumnya menyarankan masa pakai helm hingga 5 tahun. Tetapi masa pakai helm bisa lebih pendek karena alasan intensitas penggunaan dan berbagai faktor yang mengurangi usia pakai.

Usia pakai menjadi penting karena menyangkut kemampuan perlindungan oleh helm itu.Salah satu faktor yang akan mengurangi usia pakai helm adalah paparan sinar UV matahari. Paparan sinar UV dalam waktu lama akan membuat perekatan bagian internal helm berkurang, dan mengurangi kualitas perlindungan dari lapisan dalam helm.

Faktor lain, uap bahan bakar, anti serangga, cairan pembersih, asap knalpot dan panas cuaca bisa menurunkan usia pakai material helm.

Jika helm pernah terjatuh atau terhantam, sebaiknya helm diganti. Sebab helm sebenarnya hanya didesain untuk hanya sekali mengalami jatuh atau hantaman meski perlahan. Suatu hantaman atau tekanan kuat pada bagian dalam bisa membuat shell luar retak, baik terlihat maupun tidak. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*