Pabrikan Ini Merancang Sketsa Moge Mirip BMW K1600GT

0
Moge Mirip BMW K1600GT
QJiang patenkan sketsa moge mirip BMW K1600GT. Foto: motovue

NaikMotor – Pabrikan Cina pemilik saham Benelli, QJiang memperlihatkan rancangan moge mirip BMW K1600GT. Meski sketsa gambarnya dilengkapi gaya motor patroli, namun tidak bisa menyembunyikan contekan dari motor touring mewah BMW.

Sebelumnya pabrikan itu memang memasarkan produk-produk berkapasitas kecil termasuk skuter 125 cc. Dan di Negeri Tirai Bambu itu QJiang memang termasuk pabrikan besar.

Sementara saat ini di Cina tengah tumbuh permintaan sepeda motor berkapasitas besar. Tentu mudah saja bagi QJiang untuk membuat moge karena tinggal share model dengan Benelli.

Seperti biasa, banyak model-model kendaraan produksi di Cina banyak mengacu pada desain yang sudah populer di dunia. Seperti halnya salah satu rancangan moge dari sketsa paten mereka sangat mirip dengan model touring BMW, K1600GT.

Meski pada gambarnya sudah ditambahi dengan sirine dan lampu tambahan lainnya seperti pada sepeda motor dinas Polisi, tetap tidak bisa menyembunyikan guratan BMW. Seperti kebiasaan di Cina, produk berteknologi haruslah digunakan oleh instansi negara terlebih dahulu.

QJiang Perlihatkan Sepeda Motor Besar Mirip BMW K1600GT
Sepeda motor dinas Polisi Cina ini mirip BMW K1600GT. Foto: motovue

Diperkirakan untuk sumber tenaganya akan menggunakan mesin 1.130cc milik Benelli (seperti pada TnT cafe racer), tetapi diduga pula memakai jantung pacu lain yang telah diubah. Sedangkan penggerak akhirnya akan mirip seperti pada BMW dengan kopel, atau BMW paralever serta swingarm single sided.

Konsep sepertinya akan dilengkapi dengan sasis tubular seperti pada model moge Benneli lainnya, tetapi dikamuflase dengan cover sehingga tampak menggunakan sasis aluminium beam.

Pada bagian front end, rancangannya mengadopsi garpu upside down, rem cakram radial mount dan layar panel meter datar, tetapi indikatornya masih menunjukkan tipe panel konvensional. Jadi jelas, penerapan teknologinya akan berebda dan tertinggal ketimbang K1600GT. Meski pada setang tampak deretan tombol dan switch, tetapi belum diketahui fitur-fitur apa saja yang ditawarkannya.

Salah satu petinggi QJiang menyatakan,akan ada model Benelli baru berkapasitas 1.200 cc dengan penggerak akhir kopel dan tetap menggunakan merek Benelli untuk pasar internasional.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY