Teknologi Baru Honda yang Membuat Motor Tak Jatuh Saat Jalan Pelan

1
Teknologi baru Honda Yang Membuat Motor Tak Jatuh Saat Jalan Pelan
Honda Uni-Cub berteknologi self-balance Riding Assistance. Foto: motorcycle

NaikMotor – Honda memperkenalkan Riding Assist Technology, sebuah teknologi baru Honda yang membuat motor tak jatuh saat jalan pelan.

Teknologi baru berupa self-balancing itu diperlihatkan Honda saat Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas. Teknologi diterapkan pada Honda Uni-Cub sebagai model konsep.

Riding Assist yang akan membuat sepeda motor tetap tegak saat bergerak pelan itu tidak menggunakan giroskop seperti pada GyroCycle. Tetapi Honda menerapkan teknologi robotik.

Sistem robotik pada Uni-Cub itu serupa dengan teknologi pada robot Asimo dan self-balancing personal mobility device. Untuk membuat sepeda motor tetap balance sebuah motor kecil akan selalu menyesuaikan kemudi.

Dengan mekanisme tertentu yang diletakkan di bawah lampu utama, sistem akan mengubah sudut rake. Sehingga trail pada roda depan menjadi negatif sehingga saat bergerak perlahan sepeda motor akan tetap balance dan tegak. Selain itu, konsep pun mampu bergerak sendiri berkat diterapkannya motor listrik di hub depan.

Meskipun konsep diterapkan pada tipe Honda NC, tetapi Riding Assist bisa diterapkan pada semua model. Tony Defranze, PR Honda Amerika Serikat menyatakan, “Teknologi ini sebagai rider assistance, terutama bagi pengendara baru untuk membantu keseimbangan mereka saat berkendara pelan, dan membuat sepeda motor tetap tegak. Kami tengah mengembangkan teknologi ini pada model yang lebih besar seperti Gold Wing.” (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY