Honda dan GM Siap Memproduksi Skuter Bertenaga Hidrogen?

0
Honda dan GM siap memproduksi skuter
Honda FC concept yang ditampilkan di Tokyo Motor Show 2005, berbahan bakar hidrogen. Foto: Honda

NaikMotor – Akhir Januari 2017 lalu dua pabrikan raksasa otomotif lain benua, Honda dan General Motors (GM) telah sepakat membentuk perusahaan joint venture dalam teknologi kendaraan fuell cell. Akankah Honda dan GM siap memproduksi skuter bertenaga hidrogen?

Kedua merek terkemuka tersebut dilaporkan tengah siap mengembangkan teknologi fuel cell stack murah mulai 2020. Stack sebagai penghasil listrik ‘berbahan bakar’ hidrogen itu mungkin akan menjadi penggerak skuter masa depan.

Honda dan General Motors (GM) telah sepakat untuk mengembangkan hydrogen fuel cell, meskipun sebenarnya telah 3 tahun lalu mereka mulai menjajaki kerjasamanya. Tetapi kali ini, mereka akan mengembangkan sistem penghasil listrik yang lebih ekonomis dan akan mulai diproduksi massal pada 2020 di Michigan. Seperti yang diberitakan oleh media Fortune, 31 Januari 2017 lalu.

Honda dan GM akan Memproduksi Fuel Cell Stack Murah
Honda FC concept menggunakan fuel cell stack milik Honda Clarity. Foto: Honda

Joint Venture yang dinamakan Fuel Cell System Manufacturing, LLC, dan akan memproduksi stack pada fasilitas pabrik baterai GM yang ada di Brownstown, dekat Detroit. Keduanya telah menanamkan modal sebesar Rp 1,1 triliun dan akan menciptakan 100 lapangan kerja baru.

Stack itu akan berukuran sama dengan yang digunakan pada mobil Honda Clarity FCV, tetapi dengan material lebih sedikit dan konstruksinya sederhana. Sehingga diharapkan kelak biaya produksinya akan lebih rendah.

Diketahui kedua pabrikan memang sudah pernah membuat mobil hidrogen seperti Honda Clarity dan GM dengan Equinox FCV tetapi belum juga dipasarkan. Tetapi petinggi GM, Mark Reuss menyatakan, “Kami kini keluar dari kotak, fuel cell kelak bisa diterapkan pada apa saja selain pada mobil.” Hal ini yang membuat spekulasi Honda dan GM siap memproduksi skuter bertenaga hidrogen.

Sementara Honda, selain membuat konsep Clarity FCV, juga pernah menampilkan skuter yang menggunakan stack milik Clarity pada 2005 saat Tokyo Motor Show. Rencananya skuter Honda FC itu akan dipasarkan 2009, namun tidak pernah muncul di pasaran karena harganya mahal, mencapai puluhan juta rupiah saat itu. Demikian juga dengan model skuter FC dan moped FC yang kebih kecil.

Boleh saja berharap proyek kerjasama Honda GM itu akan berimbas ke produk sepeda motor FC, suatu hari. (Afid/nm)

Honda dan GM akan Memproduksi Fuel Cell Stack Murah
Honda FC moped. Foto: Honda

LEAVE A REPLY

*