Didukung Pertamina, Ali Adrian Targetkan Lima Besar WorldSSP 300 2017

1
Ali Adrian
Dendi T Danianto, Marketing Communications Project Coordinator PT Pertamina, Ali Adrian dan David Garcia saat pengumuman Ali Adrian ikut WorldSPP 300 2017 di Jakarta, Kamis (22/12/2016). Foto: Istimewa

NaikMotor – Lama tak terdengar lagi kabarnya usai ikut seri FIM CEV Repsol Moto2 Spanyol 2016, pembalap Ali Adrian bersiap melakoni laga laga WorldSSP 300, atau World Supersport 300, kelas baru bentukan Dorna di 2017.

Ali Adrian yang pernah mencicipi gelar juara kelas 250cc Sentul beruntung bisa mendapatkan sponsor Pertamina hingga akhirnya bisa tampil di kejuaraan dunia yang baru digelar Dorna di 2017.

World Supersport 300 yang akan diadakan sembilan seri dibuat mengingat pasar produk sportbike 300 cc tengah berkembang di seluruh dunia.

Selain itu , kelas 300 diselenggarakan untuk menjaring pembalap-pembalap potensial baru, dan mengembangkan bakat mereka untuk mendunia. Sebab, untuk memasuki kelas baru itu disyaratkan pembalap berusia minimum 15 tahun.

ali_adrian_worldssp300_2017_pertamina_1

Ada beberapa regulasi yang ditentukan yang perlu dicermati, selain platform produk massal yang tengah booming saat ini. Meski bertajuk Supersport 300, tetapi ada model-model yang lolos homologasi berada di kapasitas jauh di atasnya seperti Honda CBR500R, KTM RC 390 Kawasaki Ninja 300 dan Yamaha YZF-R3.

Regulasi lainnya menentukan mesin yang masih dalam keadaan standar, seperti silinder, head silinder, piston, ring, connecting rod, crankshaft dan lainnya. Kecuali beberapa item seperti secondary butterflies intake, knalpot dengan kebisingan maksimum 107 dB, suspensi dengan harga setara stok, diperbolehkan dimodifikasi atau diganti.

Fitur berteknologi dilarang seperti kontrol traksi. Hanya ABS yang boleh digunakan. Berat minimum serta rev limiter ditentukan berdasarkan model seperti Honda CBR500R (150 kg), selain KTM RC 390 (136 kg), Kawasaki Ninja 300 (140 kg) dan Yamaha YZF-R3 (140 kg).

Ali tetap akan setia ditemani oleh manajernya David Garcia asal Spanyol selama mengikuti balapan ini.” Masuk ke dalam kompetisi FIM Supersport 300 merupakan salah satu strategi efektif dan tepat menunjang karier Ali Adrian menuju MotoGP World Championship. Ini merupakan langkah untuk menjadi bintang di mata dunia sekaligus mengenalkan bakat Ali Adrian kepada masyarakat dunia,” sebut David Garcia dalam acara bertajuk Ali Adrian Race for Indonesia di Jakarta, Kamis (22/12/2016).

Sementara Ali Adrian mengatakan, menargetkan bisa menembus lima besar di ajang balapan ini. “Saya akan pakai motor Yamaha R3 dan bikin tim sendiri. Soal mekanik masih belum pasti namun kalau soal teknik akan paralel mengikutinya,” sebut Ali Adrian.

Sementara Dendi T Danianto, Marketing Communications Project Coordinator PT Pertamina mengatakan, pihaknya akan mendukung Ali Adrian untuk berprestasi dan meraih podium untuk Indonesia.”Dukungan kami tak hentinya mengalir sejak awal hingga saat Adrian berdiri di podium MotoGP World Championship nanti.” Sebutnya. Wow!

Sembilan seri WorldSSP 300 dimulai pada akhir bulan Maret di Aragon dan berakhir bulan November di Losail International Circuit, Qatar. (Arif/nm)

ali_adrian_worldssp300_2017_pertamina_2

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here