Begini Cara Sederhana Setting Suspensi dari Ohlins

0
Cara sederhana setting suspensi
Untuk mendapatkan kenyamanan berkendara, setting suspensi adalah salah satu hal penting. Foto: Dok.Ohlins

NaikMotor – Banyak pemilik motor mengganti suspensi standar dengan produk aftermarket yang bisa disesuaikan peredamannya dengan memiliki pengaturan preload, kompresi dan rebound. Bagaimana cara sederhana setting suspensi? Ohlins Indonesia memberikan tipsnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur preload-nya. Sedangkan kompresi dan rebound aturlah pada medium dahulu jika pada pengaturnya ada 12 klik, posisikan pada klik ke-6.  “Sebab kedua hal terakhir akan sangat subyektif, butuh instuisi dan sensitivitas tinggi pengendaranya. Dan yang jelas akan butuh uji pengendaraan yang lama, serta tergantung kondisi jalan,” wanti Eddy Saputra Direktur PT. Sena Autopart Indonesia, distributor resmi Öhlins di Indonesia di Jalan Raya Cikini 70.

sag_ohlins_2

Lebih lanjut Eddy menambahkan, “Untuk pengaturan preload yang sesuai, pahami dulu setting suspension sag, tiap model sepeda motor memiliki settingan sag berbeda.Untuk itu ada langkah yang tak sulit dilakukan dan hanya butuh waktu singkat saja,” ungkap Eddy.

Apa itu Sag? Yakni kondisi untuk mengetahui perubahan jarak  main suspensi ketika tanpa beban dan saat dinaiki pengendara  yang lengkap dengan gear-nya.

Pertama, lakukan pengukuran panjang suspensi saat tanpa beban sama sekali, dan sediakan alat ukur seperti meteran. Untuk roda depan, bisa dengan bantuan orang lain untuk mengukurnya. Miringkan sepeda motor dengan bertumpu pada standar samping sehingga roda depan terbebas dari tanah.

sag_ohlins_1

Ukurlah dari clamp segitiga bawah/atas hingga ke as roda.  Sementara pada roda belakang ukurlah dari titik yang dianggap tegak lurus dengan as roda belakang misalnya handle jok. Catatlah kedua hasil pengukuran tersebut, tandai dari bagian depan sebagai F1 dan bagian belakang sebagai R1.

Langkah kedua, dudukilah sepeda motor tersebut oleh pengendaranya lengkap dengan riding gear yang sering digunakan, seperti helm, jaket, glove hingga boot. Ukurlah kembali suspensi depan dan belakang pada titik-titik yang sama dengan langkah pertama. Catat dan tandai hasilnya, bagian depan sebagai F3 dan belakang dengan R3.

Ketiga, kurangkanlah F1 dengan F3 dan R1 dengan R3. Hasil pengurangan itu bandingkan dengan tabel di bawah ini dan sesuaikan dengan model sepeda motornya.

Keempat, aturlah preload suspensi sesuai tabel di bawah ini. (Afid/nm)

Tabel Suspension Sag (Ohlins)
Model Motor  Selisih F                       Selisih R
Dirt Bike.     45-60mm (15-20%)  95-105mm (30-35%)
Sportbike.   30-35mm (25-30%)  20-30mm. (17-25%)
Roadster.    30-45mm (25-35%)  25-35mm. (20-30%)

 

LEAVE A REPLY

*