Setelah Nyetir Mobil, Wanita Saudi Kini Boleh Bawa Motor Sendiri

0
75
Wanita Saudi
Setelah dinyatakan boleh menyetir mobil sendiri, kini para wanita Saudi Arabia juga diperbolehkan mengendari sepeda motor dan truk sendiri mulai Juni 2018. Foto: Ilustrasi/Hassan Hajjaj-Kesh Angels

NaikMotor – Setelah dinyatakan boleh menyetir mobil, kini para wanita Saudi Arabia juga diperbolehkan mengendarai sepeda motor dan truk sendiri. Pengumunan tersebut dilakukan Kementerian Informasi Saudi melalui akun Twitter resmi mereka.

Departemen lalu lintas Saudi mengatakan diskriminasi terhadap pengemudi wanita tidak akan ditolelir. Namun disaat yang sama, pengemudi wanita juga tidak akan mendapat keringanan apapun terhadap peraturan perundangan yang berlaku.

Wanita Saudi
Foto: Hassan Hajjaj-Kesh Angels

Wanita yang sudah punya lisensi mengemudi atau SIM internasional diperbolehkan langsung mengendarai sepeda motor tanpa harus ikut sekolah mengemudi lokal. Namun jika belum punya maka prosedur pendapatan SIM sama seperti yang sudah diatur perundangan.

Peraturan wanita boleh mengendari motor sendiri menyusul dekrit Raja Salman pada September 2017 yang menyatakan wanita boleh mengendarai mobil sendiri tanpa sopir. Selain itu Raja Salman juga mencabut larangan wanita Saudi menonton bioskop setelah 35 tahun.

Wanita Saudi
Foto: Hassan Hajjaj-Kesh Angels

Keputusan Raja Salman itu dianggap sebagai hari besar bersejarah di kerajaan Saudi dan disa dibilang salah satu kemenangan aktivis memperjuangkan hak wanita. Sebab izin mengemudi tampak sepele, tapi itu berhubungan dengan pengakuan dan kemampuan wanita.

Pembolehan wanita menyetir merupakan salah satu program reformasi ekonomi dan sosial Kerajaan Saudi yang dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Dengan tujuan membuka gaya hidup tertutup yang dibentuk versi Islam Sunni yang ketat dan konservatif.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*