Generasi Baru Yamaha MT-07, Adopsi Desain dari MT-09 Versi Lama

0
228
Yamaha MT-07
Generasi baru Yamaha MT-07 resmi meluncur di EICMA, Milan 2017. Bisa dibilang tampilan MT-07 sekarang adopsi dari MT-09 versi lama. Foto: Yamaha

NaikMotor – Generasi baru Yamaha MT-07 resmi meluncur di EICMA, Milan 2017. Lantai pameran roda dua terbesar di dunia itu menjadi panggung model terbaru naked bike Yamaha yang hadir dengan disain ‘baju baru’ dan beberapa update fitur terkini.

Bisa dibilang tampilan MT-07 sekarang ‘jiplak’ dari Yamaha MT-09 versi lama. Tapi dengan lampu depan yang lebih berani, serta tangki baru dengan tambahan intake udara mirip yang dipakai MT-09, mambuat tampang MT-07 kini lebih tajam.

Yamaha MT-07

Intake sekaligus shrouds itu membuat tampilan MT-07 jadi lebih matang tanpa terlalu memaksakan aura motor naked yang berotot. Sisanya untuk mengimbangi tampilan depan, Yamaha memberikan jok baru dengan panel samping minimalis sampai ke buritan.

Yamaha mengklaim posisi duduk kini diatur sedemikian rupa sehingga model baru ini lebih nyaman dikendarai. Yamaha juga turut meningkatkan sistem peredam kejut. Fork depan contohnya punya pengaturan baru sementara suspensi belakang menawarkan adjuster damping rebound baru.

Yamaha MT-07

Jantung MT-07 mengusung mesin Yamaha 698cc dengan teknologi crankshaft crossplane. Generasi baru Yamaha MT-07 mempu mengeluarkan tenaga 74,8 hp. Yamaha juga menyiapkan varian mesin dengan tenaga lebih rendah supaya lebih mudah dikendarai pemilik SIM A2.

Sedikit mengulas mesin crossplane Yamaha merupakan adopsi dari motor MotoGP Yamaha M1 kemudian Yamaha MT-10. Pada dasarnya mesin ini menganut pengapian mesin 90 derajat, dimana tiap seher menggapai TMA (titik mati atas) saat masuk putaran 90 derajat.

Yamaha MT-07

Mesin crossplane memiliki torsi yang besar tapi lebih ‘anteng.’ Keunggulannya motor lebih mudah dijinakkan, terutama saat mau masuk tikungan karena motor tidak ‘nyeruduk ke depan.’ Keunikan lain yakni suara motor yang khas, karena pembakarannya rapat suaranya seperti merepet.

Yamaha mengklaim dengan mesin crossplane, sasis kompak dan bobot hanya 182 kg, Yamaha MT-07 adalah satu dari sedikit motor yang mampu memuaskan hasrat berkendara. Model baru ini mulai dijual Maret 2018, tersedia dalam pilihan warna Light Fluo, Yamaha Blue dan Tech Black.(Agl/nm)

Yamaha MT-07

LEAVE A REPLY

*