Indonesia Diecast Expo 2017 Ajang Berburu Para Diecaster Tanah Air

0
164
Indonesia Diecast Expo 2017 Ajang Berburu Para Diecaster Tanah Air
Para diecaster saat berburu di Indonesia Diecast Expo 2017 yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, 28-29 Oktober 2017. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor — Indonesia Diecast Expo (IDE) 2017 secara resmi dibuka pada hari ini, Sabtu (28/10/2017) oleh Pembina IDE, Letjen TNI (Purn) RH Soeyone SE dan Komjen Polisi (Purn) Drs. Nanan Soekarna.

Seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, perhelatan IDE yang ke-4 kalinya ini tetap berlangsung selama dua hari di Balai Kartini, Jakarta dan  kembali menyajikan sederet kegiatan yang didedikasikan sepenuhnya bagi perkembangan dunia diecast di Tanah Air.

IDE 2017 berusaha menampilkan acara yang lebih dari sekedar ajang jual beli diecast. Pameran  yang disponsori oleh oleh PT Bank Central Indonesia (BCA) ini disiapkan sebagai sebuah acara diecast terlengkap dengan berbagai kegiatan yang menonjolkan aspek kreativitas khas komunitas, tanpa meninggalkan esensi utamanya yakni hiburan, pendidikan, dan kepedulian sosial.

Mengusung tema Muscle Power yang mengacu pada mobil-mobil bertenaga besar dari berbagai jenis, terpilih sebagai identitas IDE tahun ini. “Tema ini dipilih karena mobil jenis ini sedang booming dan punya banyak penggemar di Indonesia.” ujar Vero Sahetapy, Ketua Panitia IDE 2017.

Selain menampilkan kurang lebih 80 pelapak yang menjual diecast dari berbagai merk dan skala, IDE juga selalu memamerkan koleksi diecast dari sejumlah kolektor dan komunitas. Seluruh koleksi diecast yang dipamerkan di Indonesia Diecast Expo merupakan koleksi pribadi para kolektor dan komunitas, dan tidak untuk dijual. Tidak ketinggalan dengan miniatur berbagai model sepeda motor yang  menjadi barang buruan para kolektor yang datang ke IDE 2017.

Indonesia Diecast Expo 2017 Ajang Berburu Para Diecaster Tanah Air

IDE 2017 juga diramaikan dengan beragam konten acara, seperti balap diecast, kontes modifikasi diecast (diecast custom competition), kontes foto diecast, display diorama, dan seabrek acara diecaster lainnya. Semuanya telah disiapkan oleh penyelenggara demi memanjakan kaum pecinta diecast dan miniatur yang dipastikan datang dari seluruh penjuru Indonesia.

Yang menarik pada penyelenggaraan tahun ini, panitia juga menyiapkan sebuah acara menarik, yaitu Collectors Night. Acara yang baru pertama kali diadakan di IDE ini nyaris serupa dengan dengan acara Hot Wheels Collectors Convention di Amerika Serikat. Lebih istimewa lagi karena acara yang berlokasi di BK Resto ini menghadirkan bintang tamu yang sudah sangat dikenal di kalangan diecaster dunia, yaitu Chris Stangler.

Indonesia Diecast Expo 2017 Ajang Berburu Para Diecaster Tanah Air

Kehadiran Customizer diecast dari negeri asal muscle cars, yaitu Amerika Serikat ini merupakan sebuah improvisasi yang dilakukan IDE demi meningkatkan taraf dan kualitas satu-satunya acara diecast berskala nasional di negeri ini. Hal ini menekankan bahwa IDE senantiasa berusaha mengembangkan dunia diecast dan miniatur di Indonesia, dengan memfasilitasi keinginan para diecaster di Indonesia.

IDE juga akan mengumpulkan donasi dari kolektor, komunitas, dan panitia. Seluruh unsur pendukung IDE telah sepakat untuk senantiasa mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang.

Indonesia Diecast Expo 2017 Ajang Berburu Para Diecaster Tanah Air

Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk oleh penyelenggara. Dengan sederet nilai positif yang dimilikinya, rasanya tidak berlebihan bila Indonesia Diecast Expo 2017 wajib dikunjungi oleh siapa pun.

Apalagi mereka yang mengaku diecaster dan penggila miniatur dan hanya cukup mengeluarkan kocek Rp 40 ribu untuk bisa masuk ke pestanya para diecaster. Jadi jangan lewatkan ajang tahunan ini. Ajak keluarga anda berakhir pekan di IDE 2017. (YA/ nm)

LEAVE A REPLY

*