Pameran Diecast Terbesar di Indonesia Kembali Digelar 28-29 Oktober 2017

0
Pameran Diecast Terbesar di Indonesia Kembali Digelar 28-29 Oktober 2017
Indonesia Diecast Expo ke-4 digelar 28-29 Oktober 2017. Foto: istimewa

NaikMotor – Menyusul kesuksesan Indonesia Diecast Expo tiga tahun sebelumnya, pameran Diecast terbesar di Indonesia kembali digelar 28-29 Oktober 2017, di Balai Kartini, Jakarta.

Kali ini 4th Indonesia Diecast Expo 2017 berusaha menampilkan acara yang lebih dari sekedar ajang jual beli diecast. Pameran ini disiapkan sebagai sebuah acara diecast terlengkap dengan berbagai kegiatan yang menonjolkan aspek kreativitas khas komunitas, tanpa meninggalkan esensi utamanya yakni hiburan, pendidikan, dan kepedulian sosial.

Pada ajang pameran Die Cast terbesar di Indonesia di 2017 ini, penyelenggara memilih tema Muscle Power, yang mengacu pada mobil-mobil bertenaga besar dari berbagai jenis. “Tema ini dipilih karena mobil jenis ini sedang booming dan punya banyak penggemar di tanah Indonesia.” ujar Vero Sahetapy selaku Ketua Panitia IDE 2017. Pada IDE tahun ini, penyelenggara juga menyiapkan sebuah acara menarik, yaitu Collectors Night. Acara yang baru pertama kali diadakan di IDE sebenarnya mirip dengan acara collectors convention yang dikemas dalam acara makan malam (dinner) di A.S ini menampilkan bintang tamu yang sudah tidak asing lagi di kalangan diecaster.

Apabila tahun lalu IDE kedatangan tamu istemewa yakni rombongan customizer di bawah label Hells Dept dari negeri Sakura, tahun ini penyelenggara akan menghadirkan seorang customizer dari negeri asal muasal si muscle cars, yaitu Amerika Serikat. Selain hadir sebagai bintang tamu, Chris Stangler, sang customizer, juga terlibat dalam penggarapan sejumlah diecast yang menjadi event cars IDE 2017 yang didukung BCA ini. Acara ini merupakan sebuah improvisasi yang dilakukan IDE demi meningkatkan taraf dan kualitas satu-satunya acara diecast di Indonesia ini. Pun, hal ini bermakna bahwa IDE senantiasa berusaha mengembangkan dunia diecast dan miniatur di Indonesia, dengan memfasilitasi keinginan para diecaster di Indonesia.

Sebagai pameran Die Cast terbesar di Indonesia IDE 2017 akan menampilkan kurang lebih 80 pelapak yang menjual diecast dari berbagai merk dan skala, IDE juga selalu memamerkan koleksi diecast dari sejumlah kolektor dan komunitas. Seluruh koleksi diecast yang dipamerkan di Indonesia Diecast Expo merupakan koleksi pribadi para kolektor dan komunitas, dan tidak untuk dijual. Selain itu, acara rutin seperti diecast race, diecast custom competition, diecast photo contest, display diorama, dan seabrek acara diecaster lainnya juga telah disiapkan oleh penyelenggara demi memanjakan kaum pecinta diecast dan miniatur

Meski IDE telah didaulat oleh para kolektor dan komunitas diecast tanah air sebagai forum silaturahmi tatap muka tahunan terbesar di negeri ini, acara ini bukan semata milik para diecaster. Masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih banyak tentang diecast dari jenis tertentu atau merk tertentu, dapat menggali informasi seputar diecast dari kolektor dan komunitas yang menjadi peserta IDE 2017. Hanya dengan membeli tiket seharga Rp. 40.000, pengunjung sudah bisa menikmati beragam acara di IDE 2017.

Sebagai sebuah tradisi yang dilakukan sejak kali pertama, IDE juga akan mengumpulkan donasi dari kolektor, komunitas, dan panitia. Seluruh unsur pendukung IDE telah sepakat untuk senantiasa mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang kepada pengunjung. Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk pihak penyelenggara. Dengan sederet nilai positif yang dimilikinya, rasanya tidak salah bila Indonesia Diecast Expo 2017 wajib dikunjungi oleh siapa pun, apalagi mereka yang mengaku diecaster dan penggila miniatur. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*