Penjelasan Race Direction Soal Polemik Red Flag di Kejurnas IRS Sport 250

0
Penjelasan Race Direction Soal Polemik Red Flag di Kejurnas IRS
Richard Taroreh high side selepas keluar S kecil. Tubuhnya terpental dan berguling sampai ke pinggir lintasan

NaikMotor – Buntut dari kekisruhan yang terjadi saat Kejurnas IRS Minggu (15/10/2017) banyak rumor berkembang. Atas itulah pihak Indospeed Motorsport Clun, selaku promotor memberikan keterangan. Berikut penjelasan race direction soal polemik Red Flag di Kejurnas IRS Sport 250.

Rey Ratukore ditetapkan sebagai pemenang di race kedua itu disusul AM Fadli di tempat kedua, dan Richard Taroreh di posisi ketiga.  Jalannya lomba saat itu diperebutkan oleh lima pembalap terdepan, Rey Ratukore, AM Fadli, Rheza Danica, Richard Taroreh, dan Sudharmono dari tim Astra Motor Racing Team.  Puncaknya pun terjadi di last lap atau lap ke-12. Richard jatuh terpental karena high side saat baru keluar dari S kecil atau R7 hingga ke gravel.

Marshall awalnya mengeluarkan bendera kuning, kemudian saat ambulance mau masuk memberikan pertolongan, marshal pun mengibarkan bendera kuning-putih bersamaan. Setelah tim medis menolong Richard, bendera kuning-putih pun berganti menjadi merah alias red flag. Padahal saat itu rombongan depan sudah menjauh dan mendekati garis finis.

Tak dinyana di sisa balapan itu Sudarmono berhasil meng-overtake Rey dan kemudian menyentuh garis finis pertama disusul AM Fadli di tempat kedua dan Rey di tempat ketiga. Polemik pun muncul. Meski Sudarmono finis pertama namun dianggap tidak sah karena saat itu sudah berkibar red flag. Hasil race pun berubah total, race director memutuskan hasil balapan ditentukan lewat posisi pembalap satu lap sebelum red flag yaitu saat lap ke-11 dengan posisi Rey pertama, AM Fadli kedua dan Richard ketiga.

Beberapa pihak protes, paling keras dari tim ART karena dengan penentuan tersebut Sudarmono hilang podium. Sempat menimbulkan pertanyaan di kalangan balap, berikut penjelasan race direction soal polemik Red Flag di Kejurnas IRS Sport 250. (Arif/nm)

Sehubungan dengan polemik yang berkembang perihal hasil Kejurnas Sport 250cc di IRS putaran 4 tahun 2017, dapat kami (Race Direction) sampaikan beberapa hal sbb:

  1. Terjadi Red Flag menjelang lap ke 12 (last lap)karena ada peserta yang mengalami kecelakaan.
  2. Hasil lomba kami release sampai lap ke 11 (laps penuh) dari jumlan 12 laps.
  3. Hak peserta untuk protes sudah kami putuskan.
  4. Hak peserta untuk banding juga sudah kami tawarkan, tetapi tidak diajukan oleh yang bersangkutan.
  5. Semua keputusan diatas berdasarkan Buku Peraturan Balap Motor IMI 2017, Peraturan Pelengkap Perlombaan Kejurnas IRS putaran-4 tahun 2017, Briefing baik secara tertulis maupun lisan.
  6. Semua keputusan juga sudah kami ambil dengan tata cara hearing dengan yang mengajukan protes, dengan memberikan jawaban secara lisan maupun tertulis.
  7. Kami Race Direction dalam memutuskan hal ini berdasarkan azas netral dengan melihat bukti dan mendengar kesaksian yang ada.
  8. Kami sangat menghargai semua pendapat yang berkembang baik yang pro maupun kontra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here