Motor Custom BMW R1200GS Gahar dari Cherry’s Company buat Touring

0
motor custom BMW R1200GS gahar dari Cherry’s Company
BMW R1200GS custom karya Cherry's Company yang siap berpetualang keliling Eropa dan Asia

NaikMotor – Cherry’s Company, workshop custom bike yang digawangi oleh Kaichiro Kurosu di Jepang tak pernah berhenti memunculkan karya spesial. Terakhir adalah motor custom BMW R1200GS gahar dari Cherry’s Company yang siap digunakan touring keliling Eropa dan Asia.

Melalui korespendensi dengan Tadashi Kono, salah satu jurnalis spesialis custom bike di Jepang, kami mendapatkan materi motor custom BMW R1200GS gahar dari Cherry’s Company.

Motor ini dirancang atas permintaan pembalap Spanyol yang tinggal di Jepang untuk dibuatkan motor custom namun bisa digunakan berpetualang keliling Eropa dan Asia. Pesanan khususnya kepada Cherry’s Company adalah, tidak mengubah posisi berkendara dari motor adventure ini agar tetap nyaman jarak jauh.

Seperti kebiasaannya, Korosu menjajal motor tersebut untuk mendapatkan feeling sebelum memulai meng-custom. Ia tetap mempertahankan rangka standar termasuk kelistrikan dan sistem kontrol elektroniknya.

“GS itu motor berkualitas tinggi. Jika saya melepas teknologi kontrol elektronik maka akan menurunkan kualitasnya. Proses custom itu menurut saya harus berfilosofi ke masa depan. Selain itu, pemiliknya juga berencana menempuh perjalanan yang sulit dengan motor ini. Teknologi kontrol elektronik sangat diperlukan untuk perjalanan jauh termasuk rangka standar agar tetap mendapatkan perawatan di diler BMW di seluruh dunia, ” kata Kurosu.

Justru dengan mempertahankan bagian inti yang standar membuat kerja keras ekstra bagi Koruso karena lebih sulit ketimbang membangun frame chopper dari nol. Untuk itulah, Koruso mempersempit area kerjanya dengan desain bodi. Salah satu inovasi motor custom BMW R1200GS gahar dari Cherry’s Company adalah posisi lampu depan.

“Masalah terbesar adalah radiator agar tidak mengganggu performa bawaannya dan tidak mungkin mengubah ukuran radiator. Hal ini karena radiator GS terletak di kedua sisi depan tangki bahan bakar. Bagaimana cara memasang radiator di eksterior yang baru saja dirancang. Aku terus berpikir selama berminggu-minggu sambil melihat  bodi GS yang dibongkar. Lalu aku bisa menemukan garis di bagian atas bodi yang mengalir dari lampu ke tangki dan dudukan jok dengan menurunkan posisi lampu. Aku mengambil pelat aluminium berdasarkan garis itu dan membentuk penutup tangki dan cover jok baru. Dudukan lampu tetap dibuat seolah mengikuti frame utama. Namun, dibutuhkan kekuatan tinggi untuk menopang benda berat seperti lampu dan ornamen meter. Jadi, aku membuat sub frame yang solid dan dicat hitam agar tidak terlihat. Jika memungkinkan, aku ingin membuat lampu depan lebih dekat ke suspensi depan, tapi dibutuhkan ruang besar untuk jarak main fork depan telelever milik GS,” bebernya panjang lebar.

Hal lain yang membuat tampang motor adventure ittu hilang terdapat pada bagian siluet depan yang turun dari bagian atas tangki ke lampu depan begitu juga dengan siluet bawah ke depan. Ini yang menjadi ciri khasnya seperti yang dilakukan pada motor custom BMW R nineT   “Highway Fighter”   serta H-D Street 750  “Street Fighter” yang dilengkapi turbo.

Koruso merancang perpaduan yang harmonis antarbodi yang seolah menyatu dengan lengkunan tanpa sudut pada desain tangki, cover samping dan seat cowl. Salut! (Arif/nm)

Terima kasih untuk Tadashi Kono dan fotografi oleh Hiromitsu Yasui.

Bike Name:rideroughnremote
Builders Name:Kaichiro Kurosu/CHERRY’S COMPANY

Base Machine:BMW R1200GS
Engine: All Standard
CHASSIS
・Frame & Seat Rail:Standard (No modified/No cut)
・Front Fork & Suspension:Standard(No modified)
・Around Front Brake:All Standard(No modified)
・Rear Suspension:Standard(No modified)
・Around Rear Brake:All Standard(No modified)
・Front Wheel:Standard(Painted to Black)
・Rear Wheel:Standard(Painted to Black)
・Tyre:MICHELIN/ANAKEE WILD
Front 120/70-19
Rear  170/60-17
Body
・Front Fender:Fiberglass one-off
・Fuel Tank Cover:Aluminum one-off (panel beating)
・Inner Fuel Tank:Standard
・Seat Cowl:Aluminum one-off (panel beating)
・Seat:Leather one-off(Made by Skunk)
・Hundle:Standard
・Step & Pedal:Standard
・Headlight:Standard (Changed the mounting position/one-off Folder)
・Rearlight:Standard
・Number Plate Folder:one-off
・Meter:Standard (Changed the mounting position/one-off Folder)
・Handle Swich:Standard

・Paint:S Paintworks

LEAVE A REPLY