Mesin V4 Ducati Desmosedici Stradale Meluncur Besok Di Misano

0
145
Ducati Panigale V4
Foto yang diperkirakan menampilkan sosok Ducati Panigale V4 Desmosedici Stradale. Foto: blogo

NaikMotor – Ducati akan memperkenalkan mesin baru mereka Ducati Desmosedici Stradale di Sirkuit Misano, Kamis (7/9/2017). Mengapa mesin? karena yang dirilis adalah mesin. Sedangkan Ducati belum mengonfirmasi model mana yang bakal dibekali mesin ini.

Kemungkinan besar model pertama yang mengusung mesin ini adalah Ducati Panigale baru yang gambarnya bocor di jagat maya. Motor warna merah itu diprediksi bakal menghentak di EICMA Milan Oktober mendatang. Jadi bukan meluncur besok seperti banyak dikutip.

Desmosedici Stradale merupakan mesin generasi baru Ducati. Jantung ini berkonfigurasi V4 4-silinder, beda dengan mesin lama yakni L-Twin Superleggera 90 dejarat 2-silinder. Nama ‘Stradale’ sendiri berarti ‘jalan’ di bahasa Indonesia.

Mesin Ducati V4 Dinamai Desmosedici Stradale
Mesin Ducati V4 dinamai Desmosedici Stradale. Foto: Ducati

Lebih jauh, Ducati Desmosedici Stradale pada dasarnya mengadopsi basis Desmosedici MotoGP besutan Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo berkonfigurasi V4 90 derajat plus katup Desmodromic. Karena itu Ducati menamainya ‘Stradale,’ karena untuk dipakai di jalan raya.

Uniknya meski memakai basis Desmosedici MotoGP, mesin Desmosedici Stradale juga menerapkan beberapa prinsip mesin lama. Karena itu bos Ducati, Claudio Domenicali, sempat mengatakan mesin punya cara kerja unik terutama di struktur urutan pengapian.

“Firing order (urutan pengapian) mesin baru itu (V4 90 derajat) istimewa, paduan antara V-Twin dan V4. Juga berbagai fitur penting di dalamnya,” kata Domenicali waktu datang ke Indonesia di peresmian Ducati Flagship Sote di Kemang, beberapa waktu lalu.

Terakhir, meski model pertama yang mengusung mesin Desmosedici Stradale diprediksi merupakan Panigale baru, namun kedepannya tidak menutup kemungkinan juga bakal diadopsi ke model lain. Sesuai prinsip Ducati, bahwa mesin Italia merupakan yang terbaik.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*