Kelar Riset, Divisi SARP Suzuki Siap Luncurkan Knalpot Baru

0
Kelar Riset, Divisi SARP Suzuki Siap Luncurkan Knalpot Baru
Tidak puas hanya meluncurkan ECU buat GSX-150 Series, SARP, divisi racing equipment Suzuki sudah bersiap melansir knalpot baru. Foto: Gilang

NaikMotor – Tidak cukup hanya meluncurkan ECU buat GSX-150 Series, SARP Suzuki telah siap luncurkan knalpot baru. Buktinya divisi racing equipment itu terlihat sedang riset knalpot tersebut di Kejurnas IRS akhir pekan lalu di Sentul, bersama tim SND Racing.

Yudi Febrianto, New Parts Bussines Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak menampik sedang riset knalpot baru buat diluncurkan. Secara tingkat knalpot baru ini lebih tinggi karena buat balapan, sedangkan yang sebelumnya buat performance harian.

Bentuk knalpot baru SARP dengan silincer lebih pendek dibanding model sebelumnya. Suaranya lebih mantap.

“Ya kita lagi riset yang baru, yang kemaren beda lagi. Yang ini memang buat racing. Ya bisa dibilang satu tingkat di atasnya. Kita pakai yang ini memang buat balap. Jadi buat balap pakai yang ini (baru), yang satunya (lama) buat performance,” katanya.

Bentuk knalpot baru itu juga berbeda dengan yang lama. Silincer-nya lebih pendek dari knalpot SARP buat GSX-150 Series sebelumnya. Namun Yudi tidak menyebut apakah knalpot baru itu bisa dipasang slip on atau full system seperti model sebelumnya.

Ia juga tidak mau bicara soal harga. “Harga belum lah. Tunggu saja. Tapi di atasnya tidak jauh paling,” katanya.

Harganya masih ‘gelap’

Sebagai gambaran, knalpot SARP GSX-150 Series memakai stainless grade SAE 304. Tanpa ubahan mesin, knalpot seharga Rp 1,5 juta itu diklaim dapat menaikkan 1,4 hp dan torsi 0,4 Nm. Sedang untuk model baru, Yudi mengklaim keluaran tenaga yang dihasilkan lebih besar.

“Di sini (IRS) kan kita juga sedang riset, lagi mau cari data,” katanya. Tapi kan karena kita engga jadi race. Kecewa gimana sih engga, karena ini kan pertama kali GSX turun balap. Tapi di sini itu kan seharusnya jadi bahan ukuran. Kita jadi engga bisa ngukur saja,” pungkasnya.(Agl/NM)

Penampakan knalpot SARP yang sudah dijual. Silincer-nya lebih panjang. Suaranya juga lebih adem.

LEAVE A REPLY