Enduro Student Program Bekali 20 Siswa SMK Menjadi Wirausaha Muda

0
Enduro Student Program
PT Pertamina Lubricants mengajak 20 siswa dari SMK terpilih se-Cilacap mengikuti Enduro Student Program (ESP) tahun kedua. Foto: Pertamina Lubricants.

NaikMotor – Pertamina Lubricants ajak 20 siswa dari SMK terpilih se-Cilacap mengikuti Enduro Student Program (ESP) tahun kedua. ESP sendiri merupakan program pelatihan dan wirausaha untuk mencetak wirausaha tenaga muda produktif Indonesia di bidang otomotif khususnya perbengkelan.

Dua puluh siswa yang ikut Enduro Student Program kali ini sebelumnya telah diseleksi oleh PT Pertamina Lubricants dan merupakan rekomendasi dari setiap guru SMK masing-masing. Mereka yang terpilih diajak untuk melihat pembuatan pelumas Pertamina langsung di tempat produksi.

Pertamina Lubricatns Ajak 20 Siswa

Selama dua hari peserta menerima materi dari Hidayat Rusdy, technical specialist dari Integrated Lubrications Management Academy (ILMA) PT Pertamina Lubricants, mulai dari seluk beluk industri, teknik kimiawi, dan bagaimana aplikasinya pada mesin, baik mesin industri maupun otomotif.

“Ini merupakan hal penting bagi peserta untuk mendalami teknik pelumasan. Jika keliru, maka kinerja mesin bisa terganggu, dan hal tersebut akan mempengaruhi kepuasan pelanggan,” kata Hidayat.

Tesa Nuhdiawan, salah satu siswa yang terpilih sebagai ketua Angkatan ESP Batch 2 dari SMK N Wanareja Cilacap menyatakan kesan dalam kegiatan perdana ini. Bahwa pengetahuan yang diberikan langsung merupakan pengalaman baru yang berbeda dengan yang ada di kelas.

Pertamina Lubricatns Ajak 20 Siswa

“Saya bangga bisa terpilih untuk ikut ESP batch 2 ini. Saya mendapat banyak pengetahuan baru, dan siap mengikuti pelatihan selanjutnya. Semoga kami bisa meneruskan apa yang sudah dibangun oleh teman-teman di ESP batch pertama,” kata Tesa.

Sekilas mengenai ESP merupakan program CSR Pertamina Lubricants terdiri dari pelatihan teknik sepeda motor bersama Balai Latihan Kerja Industri (BLKI), praktek kerja dan mentorship oleh bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants, pelatihan kewirausahaan, serta pendampingan usaha perbengkelan.

Program ini resmi diluncurkan pada tahun 2016 mengusung tema “Semangat Membangun Tenaga Muda Produktif Indonesia.” Program ESP Batch 1 telah mencetak wirausaha muda baru dengan merintis lima bengkel baru di Cilacap dan pada ESP Batch 2 ini diharapkan akan semakin baik lagi.(Rls/NM)

LEAVE A REPLY