Yamaha Indonesia Ditunjuk Jepang Bikin Mesin Moge dan ROV

0
163
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi ditunjuk Yamaha Motor Company untuk memproduksi mesin motor besar dan mesin kendaraan ROV (Recreational Off-highway Vehicle). Foto: Ringpiston

NaikMotor – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi ditunjuk Yamaha Motor Company untuk memproduksi mesin motor besar dan mesin kendaraan ROV (Recreational Off-highway Vehicle) Yamaha di pabrik YIMM di Indonesia.

YIMM akan memproduksi mesin moge mulai akhir 2017. Salah satu yang sudah pasti yakni produksi mesin Yamaha MT-07. Sedangkan untuk mesin ROV baru akan berjalan pada 2019. Kemungkinan mesin yang diproduksi yakni untuk YXZ1000R.

”YMC Jepang menunjuk YIMM memproduksi mesin motor besar dan ROV karena kualitasnya yang tinggi dan hasil produksinya sudah terpercaya. Terbukti ekspor sepeda motor yang diterima dengan sangat baik di pasar global,” jelas M.Abidin, GM After Sales & Public Relation PT YIMM.

Mesin Yamaha MT-09 produksi tahun 2014.

Meski produksi mesin motor besar dan ROV dilakukan di Indonesia, bukan berarti unit motor dan ROV juga akan diproduksi di sini. Sebab YIMM tetap akan mengimpor moge dari luar. “Tidak ada rencana memproduksi unit motor besar dan unit ROV di Indonesia,” kata M Abidin.

Saat ini T Yamaha Indonesia Motor Manufacturing telah menyiapkan daftar produksi mesin serta negara mana saja yang akan menjadi tujuan ekspor. Mesin moge utamanya akan diekspor ke daratan Eropa, sedangkan mesin ROV ke Amerika Serikat.

ROV Yamaha YXZ1000R

Buat yang penasaran apa itu ROV merupakan pengembangan kendaraan dari jenis All Terrain Vehicle (ATV). Hanya saja ROV biasanya memakai atap dan kerja suspensi lebih baik. Sehingga secara bentuk dan kegunaan berada di antara ATV dan buggy car.

Yamaha Indonesia ditunjuk Jepang antara lain membuat mesin untuk beberapa jenis ROV, yang paling terkenal yakni YXZ1000R dan juga YXZ1000SE. ROV ada yang dua tempat duduk maupun empat tempat duduk. Pasar ROV Yamaha paling besar ada di Amerika Serikat menyusul kemudian Australia.(Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*