Ducati V4 Diluncurkan 7 September 2017 di MotoGP 2017 Misano?

0
85
Ducati V4 diluncurkan 7 september
Sosok Superbike Ducati bermesin V4 rancangan olah komputer Young Machine. Foto: Young Machine

NaikMotor – Setelah diisukan akan diluncurkan saat seri World Superbike Championship (WSBK) 2017 seri Laguna Seca, (7/7/2017), ternyata diperkirakan Ducati V4 diluncurkan 7 September 2017 di MotoGP 2017 Misano.

Saat WSBK 2017 Laguna Seca itu ternyata yang diluncurkan adalah 1299 Panigale R Final Edition yang masih dengan mesin L2. Memang Ducati V4 itu telah dikembangkan sejak pertengahan tahun 2016, dan sudah diperkirakan akan diluncurkan akhir 2017.

Pihak pabrikan dari Borgo Panigale sendiri telah mempublikasikan motto baru bertajuk, “The Sound of a New Era is Coming.” Bersamaan dengan kesepakatan dengan promotor MotoGP yang menyetujui Ducati sebagai tuan rumah seri MotoGP 2017 Misano.

Keberadaan mesin Ducati V4 memang sudah secara tegas dinyatakan sendiri oleh bos Ducati, Claudio Domenicali dalam berbagai kesempatan termasuk saat berkunjung ke Indonesia.

Mesin Ducati V4 sudah tak asing bagi pabrikan Italia itu, sebab konfigurasi V4 sudah diterapkan pada model prototipe yakni Desmosedici GP15 hingga GP17, motor balap MotoGP Ducati. Di MotoGP,  mesin V4 sudah banyak digunakan berbagai tim seperti Honda, Aprilia, dan KTM.

Para kompetitor itu sudah menerapkannya pada model produksi seperti Honda VFR atau RC213V-S, Aprilia Tuono dan RSV4, atau juga Norton V4. Indikasi penerapan mesin V4 pada motor produksi secara tidak langsung sudah dinyatakan oleh Paolo Ciabatti, direktur racing Ducati. Ketika itu pria yang beberapa kali datang ke Indonesia menngkapkan bahwa Ducati akan mengikuti WSBK pada 2019 dengan mesin baru .

Ciabatti lebih lanjut menjabarkan unit Ducati bermesin V4 itu akan memiliki platform sama dengan motor balap MotoGP tepatnya GP15. “Mesin GP15 yang ada telah dimodifikasi dan diupgrade, menjadi basis yang bagus untuk pengembangan sebuah motor standar. Kami memang tidak memulai dengan mesin yang benar-benar baru,” imbuh Ciabatti pada media Crash.net.

Jadi apakah benar Ducati V4 diluncurkan 7 September 2017 di MotoGP 2017 Misano? Kita tunggu saja pada waktunya. (Afid/nm)

motor sport paling ditunggu, Ducati V4
Desainer sekaligus ilustrator sepeda motor dari Inggris, Kardesign, merilis reka gambar motor sport yang paling ditunggu saat ini, Ducati V4. Foto: Facebook Kardesign

LEAVE A REPLY

*