Honda Siap Menggoyang Royal Enfield dengan Model Klasik Scrambler

0
Honda Siap menggoyang Royal Enfield dengan model klasik
Pada 2020 posisi Royal Enfield akan digoyahkan Honda dengan model klasik. Foto: Royal Enfield

NaikMotor – Royal Enfield (RE) kini menjadi pabrikan yang masih setia menawarkan model motor dengan mempertahankan desain retro dan terbukti sukses di pasar. Hal ini membuat merek lain mulai melek dan meliriknya termasuk Honda siap menggoyang Royal Enfield dengan model klasik dalam tiga tahun ke depan.  

Seperti yang diungkap salah satu media di India, sebuah sumber yang tak disebutkan namanya mengabarkan rencana Honda siap menggoyang Royal Enfield dengan model klasik. Motor yang bersiap merecoki posisi RE di India tersebut disebut akan memiliki rancangan desain scrambler.

“Secara global Honda memang belum memiliki produk yang langsung berhadapan dengan Royal Enfield. Tetapi Honda tengah bekerja untuk mewujudkannya. Di Thailand dan Amerika Serikat saat ini ada cruiser Rebel 300cc dan 500cc. Jadi, bukan berarti kita tidak punya pengalaman. Ini adalah kategori baru yang berkembang sangat pesat tidak hanya di India tapi juga di luar negeri dan Honda membutuhkan solusi produk untuk itu,” kata sumber tersebut.

Honda Rebel Aviator Nation
Honda Rebel Aviator Nation edisi terbatas hasil kolaborasi dengan pabrikan apparel gaya hidup. Foto: Honda Amerika

Narasumber yang tampaknya dekat dengan pabrikan Honda itu melanjutkan, Honda tengah mengembangkan program motor yang mirip Scrambler Ducati. “Honda tengah mengembangkan model yang memiliki DNA mirip Scrambler Ducati. Tetapi produk itu memang benar-benar berbeda dan belum pernah dibuat sebelumnya. Diperkirakan wujudnya baru diperkenalkan pada 2020,” ungkapnya.

Jika demikian, sebenarnya bukan kali ini saja, posisi Royal Enfield digoyang. Sebab di India saja yang kini menjadi basis Royal Enfield karena sahamnya dimiliki Eicher Group, pabrikan Mahindra & Mahindra sudah berancang-ancang akan membangkitkan kembali model Jawa dan BSA.

BSA Victor 355
BSA modern jika di tangan Mahindra hasil rekaan Oberdan Bezzi, foto: motorcycle

Sementara  Triumph yang mulai populer produknya di India, punya tipe klasik dari keluarga Bonneville tetapi harganya bisa berkali-kali lipat dibanding RE. Pabrikan tuan rumah lainnya seperti Bajaj memiliki produk Dominar berkapasitas 400 cc, yang banyak dihubungkan dengan Himalayan.

Royal Enfield menjadi merek yang tengah pesat dengan pertumbuhan penjualan hingga 31% padahal pabrikan lainnya hanya 4% saja di India.  Honda di India sedikit kewalahan, ketika model skuter Activa mulai surut, sehingga mulai agresif dengan produk bergaya tradisional. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY