Ditebus Rp 56 Miliar, BSA Kini Dimiliki Grup Mahindra India

1
Grup Mahindra
Pabrikan BSA kini dimiliki group Mahindra dari India. Foto: Istimewa

NaikMotor – Pabrikan sepeda motor Inggris Birmingham Small Arms (BSA) telah diakuisisi sepenuhnya oleh grup Mahindra & Mahindra dari India. Grup Mahindra menguasasi 100% BSA melalui Classic Legends Private Limited (CLPL), salah satu anak perusahaannya.

BSA, pabrikan sepeda motor Inggris telah dimiliki oleh grup Mahindra & Mahindra melalui anak perusahaan CLPL. Seluruh saham BSA senilai INR 280 juta atau setara Rp 56 miliar telah diambil alih perusahaan dari India tersebut.

Mahindra & Mahindra dalam pernyataan resminya menyebutkan, “Anggota grup, CLPL telah menguasai 100% saham BSA Company Limited sejak 21 Oktober 2016.”

Artinya, sebanyak 120.000 lembar saham milik pabrikan Inggris itu telah dibeli seluruhnya dengan nilai sekitar Rp 47 ribu per lembarnya. Dengan kesepakatan itu, CLPL Mahindra menjadi pemegang lisensi yang sah atas  merek BSA dan bisa menggunakan untuk mengembangkan, memproduksi dan memasarkan sepeda motor BSA ke seluruh dunia. Termasuk APM yang sudah ada saat ini di Kanada, Mexico, Amerika Serikat, Singapura, Jepang dan Malaysia.

Dengan menguasai BSA, Mahindra semakin meluas penguasaan saham pabrikan sepeda motornya, sebelumnya diketahui Mahindra menguasai 51% saham Peugeot Motorcycles dari Perancis. Pada bidang rancang desain, Mahindra menguasai 76,06% saham Pininfarina, dari Italia melalui anak perusahaan Tech Mahindra. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here