Suzuki Safety Riding Training Belajar Tiga Syarat Naik Motor

0
121
Suzuki Safety Riding Training
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengadakan Safety Riding Training yang diadakan di Sentul International Karting, Bogor, Jawa Barat, Kamis, (20/7/2017). Foto: Tim NaikMotor.com

NaikMotor – Sebagai bentuk perhatian terhadap keselamatan berkendara dan tanggung jawab sosial, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengadakan Suzuki Safety Riding Training yang digelar di Sirkuit Sentul International Karting, Bogor, Jawa Barat, Kamis, (20/7/2017).

Peserta training terdiri dari 20 peserta trainer Suzuki, 25 peserta media dan bloger, serta 5 peserta anggota klub. Berperan sebagai instruktur adalah Dyan Dilato, pakar yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Safety Riding Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Banggas Pardede, Market Relation Section Head PT SIS mengatakan, melalui kegiatan ini Suzuki ingin memberikan pengenalan kepada para peserta mengenai teknik mengendarai motor yang benar dan aman. Diharapkan ilmu itu dapat diteruskan ke orang lain di sekitarnya.

“Biar sedikit semoga bermanfaat, karena kami sebagai pembuat motor juga punya peran untuk mengedukasi. Kami pilih peserta hari ini dengan harapan mereka yang ikut di kegiatan ini dapat menyebarluaskan ilmu yang telah dipelajari kepada orang lain,” katanya.

Rangkaian acara dimulai dengan penyampaian teori mengenai safety riding. Pembahasan yang disampaikan yakni soal penguasaan berkendara, posisi saat naik motor, pengereman, posisi saat menikung, sampai dengan tata tertib saat melakukan touring.

Usai teori, para peserta diajak langsung untuk melakukan sesi praktik. Untuk mengakomodir kebutuhan para peserta training, disiapkan 20 motor GSX-S150, 5 motor GSX-R150, 3 motor Suzuki Satria, dan perangkat keselamatan mulai jaket, helm dan protector.

“Semua itu ada di pikiran (mindset). Ingat, safety itu bukan tujuan tapi akibat dari aksi-aksi kita. Karena itu yang mesti diubah pertama soal keselamatan adalah cara berfikir. Ada 3 syarat utama dalam berkendara yakni Smart, Skill dan baru Safety,” kata Dyan.

Selepas Suzuki safety riding training ini, PT SIS akan melanjutkan program Safety Riding ini secara lebih luas, yakni melalui program Suzuki Goes to School. Dengan hadir ke sekolah-sekolah, PT SIS ingin menekan angka kecelakaan, terutama pada pengguna motor usia muda.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*