Geber Suzuki GSX-S150, Pentolan Paddock Balap Motor Touring ke Bandung

1
Paddock Balap Motor
Para veteran pembalap Indonesia dan mekanik yang tergabung dalam grup WA Paddock Balap Motor (PBM) melakukan touring halal bihalal ke Bandung. Foto: istimewa

NaikMotor – Masih dalam rangka silaturahmi 1 Syawal 1438H, sebanyak 18 veteran pembalap dan mekanik yang tergabung dalam grup Paddock Balap Motor melakukan touring ke Bandung untuk berhalal bihalal. Mereka menggeber Suzuki GSX-S150 dukungan dari PT Suzuki Indomobil Indonesia, akhir pekan kemarin, (8-9/7/2017).

Seperti diketahui Paddock Balap Motor (PBM) adalah jaringan di grup WhatsApp yang berisikan para veteran pembalap dan manajer serta mekanik era 1970-2000-an. Sebagai ketuanya adalah Edmond Cho yang pernah menjabat sebagai Manajer Yamaha Racing Indonesia. Grup WA ini sudah aktif sejak awal 2017.

Rupanya selepas bulan Ramadhan 1438H, para sesepuh penggiat olah raga bersepeda motor dari cabang apa pun itu ingin mengobati rasa ‘gatal’ tangan memelintir grip gas rupanya. Kebetulan pula “obat gatal” itu berupa Suzuki GSX-S150 yang disediakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Faryd Sungkar, yang didapuk sebagai panitia veteran pembalap menyebutkan, “Sebenarnya touring ini atas undangan PBM Bandung untuk bersilaturahmi ke tempat mereka, kebetulan mendapat sambutan teman-teman di grup.”

Faryd yang mantan pembalap dan pereli serta promotor road race itu melanjutkan, “Untuk unit motor, PT SIS menyanggupi menyediakan sebanyak 22 walau hanya 20 yang jalan. Karena 2 orang tidak jadi karena sakit, dan kita didampingi 2 jurnalis. Sementara, jaket kita dapat dukungan dari AHRS dan helm dari Cargloss, gear lainnya dari Yonk Jaya.”

Sabtu pagi itupun para sesepuh Paddock Balap Motor seperti Edmond Cho, Tommy Ernawan, Faryd Sungkar, Inuk Blazer dan beberapa pembalap serta mekanik yang masih aktif memulai perjalanan dari Kantor Pusat PT SIS di Jalan MT Haryono Jakarta Timur. Dengan rute Depok-Bogor-Puncak-Cianjur untuk etape pertama, etape berikutnya Cikalong Kulon-Cirata-Plered-Padalarang. Namun di Padalarang mereka menyusuri jalan mendaki menuju ke arah Cisarua Lembang barulah ke turun ke Bandung dengan pembuka jalan dari PBM Bandung.

Meski sudah veteran, tetapi rupanya naluri balap masih mendarah daging terbukti, saat di daerah Cirata yang jalannya cukup lowong mereka berkecepatan tinggi. Mereka berhenti ketika satu anggota rombongan dari jurnalis terjatuh. Meski tidak mengalami cedera, hanya kerusakan pada panel dan setang bengkok, nyatanya perjalan masih bisa dilanjutkan hingga Bandung.

Inuk Blazer, mantan pembalap road race wanita dari Jakarta menyebutkan, “Alhamdulillah touring halal bihalal berjalan sukses, kita diajak teman PBM Bandung ke daerah Padasuka. Sambil menyaksikan kota Bandung dari ketinggian dan makan malam serta tentu bertukar kisah masa lalu dan harapan untuk balap saat ini.”

Di Bandung, mereka mendapat sambutan dari Koh Yonk dari Yonk Jaya Motorsport serta beberapa tokoh balap seperti Rudy Trijaya, Pieter Tanujaya dan pengurus IMI Jabar. Acara ini mendapat dukungan juga dari AHRS yang menyediakan akomodasi di Bandung. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY