New Vespa Six Days, Edisi Spesial Warisan Kejayaan Legenda Balap 1951

0
272
New Vespa Six Days
Vespa SIx Days dirancang sebagai pewaris kejayaan legenda balapan Six Days 1951. Foto: Blogo

NaikMotor- Sejarah kejayaan di ajang balapan sering menjadi benchmark beberapa pabrikan untuk kembali menelurkan model khususnya. Seperti halnya Piaggio yang melansir new Vespa Six Days sebagai pewaris kejayaan balapan Six Days  di era 1951 berbasis GTV 300.

Pada ajang balap yang melelahkan di Six Varese International Days tahun 1951, Italia sebagai tuan rumah berhasil mengantarkan merek mereka, Vespa menggondol sembilan medali emas.

Melalui Piaggio Squadra Corse,mereka mengarungi salah satu balapan terberat dan bergengsi pascaperang hingga 26 seri di Varese. Awalnya 10 Vespa disambut sikap skeptis, namun ketika berhasil menaklukan jalur offroad dan tes kecepatan di Monza, Piaggio mendapatkan medali emas sebagai satu-satunya tim Italia yang memenangkan balapan.

Karena itulah, tak ingin kehilangan momen spesialnya, mengandalkan basis teknis dari Vespa GTV, tradisi kejayaan di motorsport tersemat pada new Vespa Six Days. Dengan konstruksi terbuat dari lapisan baja kokoh, new Vespa Six Day dipersenjatai dengan mesin 4 tak serta 4 katup berkapasitas 300cc dengan Euro4. Mesin injeksi dengan pendingin cairan tersebut mampu memproduksi tenaga maksimum 21,2 tenaga kuda pada 7.750 rpm serta mengeluarkan torsi maksimal 22 NM pada 5.000 rpm.

Gaya dari New Vespa Six Days menyiratkan referensi yang jelas bertema klasik, mulai lampu di fender depan,setang berdesain sederhana serta instrumen bulat analog berwarna putih. Estetika secara keseluruhan masih mengambil unsur gaya sporty, dengan nomor 6 beraksen hitam yang diambil dari warna legendaris Vespa Racing Team sera 1950-an.

Gaya jaman dulu juga terekam dari gaya jok memanjang, yang sebenarnya bisa untuk pembonceng dengan jahitan putih kontras. Di bagian shield ditandai dengan label Special edition Sei Giorni. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*