Nicky Hayden AMA Horizon Award, Penghargaaan Baru untuk RIder Amerika

0
Nicky Hayden AMA Horizon Award
Nicky Hayden (kanan) saat menyerahkan AMA Horizon Award kepada Ben Spies (kiri) pada tahun 2000. Foto:AMA

NaikMotor – Mendiang Juara MotoGP 2006 asal Amerika Serikat kini diabadikan dalam penghargaan untuk pembalap Amerika Serikat yang naik jenjang profesional. Penghargaan itu kini menjadi Nicky Hayden AMA Horizon Award.

Nicky Hayden meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit Italia, 22 Mei 2017, setelah 5 hari sebelumnya ditabrak sebuah mobil saat berlatih dengan sepeda. Pembalap yang terakhir tergabung dalam Tim Ten Kate Racing-run Red Bull Honda di World Superbike Championship itu meninggal akibat cedera berat di kepalanya.

Penghargaan dengan nama almarhum itu sebelumnya bernama AMA Horizon Award pernah diterima Nicky Hayden pada 1997. Hayden menerimanya saat masih menjadi dirt tracker amatir.

AMA Track Racing Manager Ken Saillant menyatakan, “Saya gembira telah menjadi saksi akan keprofesionalan Nicky Hayden.” Saillant mengenang, “Ia bermula dari dirt tracker, meningkat ke AMA Superbike dan Kejuaran Dunia, serta Juara MotoGP.”

Setiap tahun sebelumnya AMA Horizon Award dipersembahkan bagi pembalap amatir yang beralih ke balapan profesional dan menjadi juara. “Jadi hanya sedikit yang bisa menerima penghargaan Nicky Hayden AMA Horizon Award. Sebab hanya sedikit pula yang bisa mengikuti jejak profesionalisme Hayden yang mencapai puncak, ” imbuh Saillant.

Mendatang, Asosiasi Pembalap Motor Amerika akan memberikan Nicky Hayden AMA Horizon Award terlebih dahulu ke bidang dirt track pada 4 Juli 2017 di Du Quoin, Illinois, saat final AMA Dirt Track Grand Championship. Kemudian pada 5 Agustus2017 untuk Kejuaraan Rocky Mountain ATV/MC AMA Amateur National Motocross Championship di Hurricane Mills, Tennessee. Terakhir di AMA Road Race Grand Championship, Barber Motorsports Park, 5 November 2017. Pada tahun depan akan dipersembahkan dalam Gala Diner AMA Championship 2017 di Columbus, Ohio. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here