Bos Honda: Supercub Klasik Bertenaga Listrik, Honda EV-Cub Hadir 2018

0
837
Honda EV-Cub
Honda EV-Cub akan diluncurkan 2018. Foto: Honda

NaikMotor – Motor bebek legendaris, Supercub, yang berparas retro klasik dan  kini bertenaga listrik, Honda EV-Cub akan diluncurkan tahun depan, ungkap CEO dan Presiden Honda, Takahiro Hachigo, saat berpidato dalam Honda Meeting 2017, Kamis (8/6/2017).

“Kami akan meningkatkan produk komuter listrik, dan kita merencanakan akan memperkenalkan beberapa model skuter dan motor listrik pada 2018,” tegas Hachigo. “Kita tengah meneliti dan mengembangkan sistem yang sangat nyaman untuk komuter listrik.”

Sistem dimaksud oleh Hachigo adalah sistem tukar pasang baterai yang akan memudahkan penggunanya sehingga tak harus charging berjam-jam saat baterai habis daya listriknya. Sistem yang mirip refill kemasan air minum ukuran galon itu akan diujicobakan oleh Japan Post, Ltd di Jepang.

Honda EV-Cub sepertinya akan menjadi motor bebek listrik produksi dimaksud dengan beberapa ubahan tentunya. Sebab Hachigo sendiri pada tahun lalu pernah menyebutkannya.

Sementara dengan menjadikan Dinas Pos Jepang sebagai pengguna pertama, maka di setiap kantor Pos Jepang akan disediakan stasiun charging, selain itu tentunya memungkinkan juga untuk tukar pasang baterai.

Konsep Honda EV-Cub pernah tampil di Tokyo Motor Show Oktober 2015 dengan penggerak motor listrik hanya pada hub roda belakangnya. Saat itu, motor konsep yang dikenal sebagai EV-Cub masih membawa garis desain Cub 1958. Hanya saja dengan sentuhan yang lebih futuristik.

Seperti nenek moyangnya, Supercub 50cc, EV-Cub akan menjadi komuter jarak pendek.Jika tak ada perubahan, diperkirakan penggeraknya akan menggunakan milik Honda EV-Neo. Dengan baterai 0,9 kWh, motor akan menghasilkan 2,8 kW daya penggerak, jarak tempuhnya 34 km jika dengan kecepatan 30 km/jam. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*