5-7 Oktober 2018, Thailand Siap Menggelar MotoGP di Buriram

1
187
MotoGP Thailand 2018 dalam Masalah Karena Dua Merek Bir
Seri MotoGP di Thailland yang dijadwalkan tahun depan di Sirkuit Chang Buriram dalam masalah soal sponsor bir. Foto: CIS

NaikMotor – Otoritas olahraga Thailand (SAT) mengumumkan akan menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP tahun 2018. Pengumuman ini menyusul kesepakatan antara SAT dengan Dorna Sports, di mana Thailand siap menggelar MotoGP di Sirkuit Chang Buriram dengan durasi kontrak selama 3 tahun.

“Perundingan berlangsung selama tiga jam, dan diakhiri dengan Dorna Sports yang bersedia memberikan hak Thailand selama tiga tahun mulai tahun 2018 sampai 2020,” tulis Bangkok Post yang menyebut pertemuan dilakukan pada Sabtu (3/6/2017) lalu di Florence, Italia.

Thailand siap menggelar MotoGP di Sirkuit Chang Buriram yang rencananya akan berlangsung pada 5-7 Oktober 2018. Namun hal tersebut belum dikonfirmasi oleh Dorna. Thailand rencananya akan menghajat MotoGP untuk pertamakali sesudah Jepang namun sebelum Australia, dan Malaysia.

Tahun 2018 MotoGP akan menggelar 20 seri, dan dengan terpilihnya Thailand maka tinggal tersisa satu tempat. Ada dua kandidat kuat yang mengincar sisa seri tersebut, yakni Kazahkstan dan Finlandia.

Sirkuit Buriram memiliki nama resmi Chang International Circuit. Sirkuit ini mulai dibuka Oktober 2014 dan memiliki standar Grade A dari FIM untuk menggelar F1. Sirkuit terletak di daerah Buriram, sebuah kota pertanian miskin berpenduduk 30 ribu jiwa.

Sirkuit Buriram mulai masuk agenda balap internasional setelah pada Maret 2015 berhasil menggelar kejuaraan dunia World Superbike (WSBK). Sejak itu pemerintah Thailand memang dikabarkan getol melobi Dorna Sport untuk membawa MotoGP ke negara mereka.

Spesifikasi Chang International Circuit memiiki panjang 4.554 km dengan 12 tikungan, 5 ke kanan dan 7 ke kiri. Disain sirkuit dibuat oleh Herman Tilke yang juga membuat beberapa disain sirkuit terkenal yaitu Sepang, Malaysia dan Sirkuit Bahrain.(Agl/NM)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*