Finlandia Gelar MotoGP 2018, Jatah 2017 buat Indonesia Beralih ke Thailand

1
MotoGP
MotoGP
Layout sirkuit Kymi Ring Finlandia. Foto: grandprixtimes.com

Madrid (naikmotor) – FIM, Dorna dan promotor lokal telah mengumumkan Finlandia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2018. Finlandia terakhir kali menyelenggarakan kejuaraan dunia balap motor  pada 1982 di Imatra.

Seri MotoGP di Finlandia akan diselenggarakan di sirkuit Kymi Ring yang baru dibangun dekat Tillola, sekitar 150 km dari ibukota Helsinki. Tentu setelah melalui homologasi keselmatan yang ketat, berbeda dengan Imatra dulu yang menggunakan jalan raya tua, yang banyak menyebabkan insiden kecelakaan. Salah satu kecelakaan fatal menimpa pembalap Skotlandia, Jock Taylor pada 1982 yang membuat Finlandia dilupakan sebagai penyelenggara MotoGP.

Penyelenggaraan MotoGP di Finlandia seolah mengembalikan sirkus adu cepat sepeda motor itu ke Eropa Lama, sebab dalam beberapa dekade ini MotoGP tampaknya mengarah ke Asia atau Timur yang eksotis, termasuk ke China. Kembalinya MotoGP ke Finlandia seperti mengulang kembalinya MotoGP ke Austria di sirkuit Zeltweg yang kini berganti nama menjadi Red Bull Ring.

Sementara itu, kabar lain berhembus jatah MotoGP Indonesia 2017 yang batal kabarnya akan beralih ke Thailand. Sirkuit Chang International di Buriram telah memenuhi syarat untuk menggelar MotoGP dan telah sukses menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) 2015 dan 2016. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here