Skuter Listrik Viar Q1 Meluncur, Ini Jawaban Garansindo

0
172
Garansindo
"Kami menyambut positif, karena apapun mereknya artinya pemainnya ada," kata CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah.

NaikMotor – PT Triangle Motorindo produsen motor merek Viar resmi meluncurkan model baru, skuter listrik bernama Viar Q1, Selasa (6/6/2017). Sama-sama berbasis motor listrik, peluncuran Viar Q1 suka tidak suka berbau persaingan dengan Garansindo karena mendahului Gesits yang sudah digembar-gemborkan sejak tahun lalu.

Kendati demikian, orang nomor satu Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah rupanya tidak ambil pusing. Pria yang akrab dipanggil Memet ini justru mengatakan menyambut positif hadirnya Viar Q1. Sebab persaingan bagus buat membuka pasar motor listrik yang saat ini masih dikuasai motor bensin.

“Saya tidak bisa komentar soal Viar soal produknya. Justru buat saya, kami menyambut positif, karena apapun mereknya artinya pemainnya ada. Saya senang karena artinya spirit Gesits, sebagai merek anak bangsa direspon pihak lain. Kalau bisa terus ada merek lain yang mengeluarkan motor listrik,” katanya.

Peluang Kerjasama dengan Produsen Suku Cadang
Antusiasme produsen dalam Peluang Kerjasama dengan Produsen Suku Cadang untuk Gesits. Foto: istimewa

Apapun mereknya imbuh Memet, semangat yang harus dibangun oleh industri otomotif yakni punya merek lokal sendiri. Lebih dari itu, bukan hanya ada, namun juga berkembang secara industri, sehingga Indonesia tidak hanya jadi negara tempat pasar jualan merek asing, namun berdikari secara teknologi.

“India mereka punya merek lokal itu tidak kurang dari 100 merek bos. Indonesia? ada, tapi berapa. Gesits dengan semangat itu justru menyambut optimis.Terpenting Gesits ini yang mengembangkan anak negeri, walaupun ada part dari luar, tapi kami bangga bahwa Gesits ini bisa dibilang proyek anak negeri,” katanya.

Mengulas PT Triangle Motorindo, merupakan perusahaan asal Semarang, Jawa Tengah yang memasarkan motor dengan merek Viar. Sebelum meluncurkan skuter listrk Viar Q1, Viar lebih menyasar alat angkut ringan motor roda tiga. Kemudian berkembang menelurkan motor trail.

Produk barunya, Viar Q1 menggandeng Universitas Gajah Mada (UGM) dan Bosch, perusahaan penyedia teknologi asal Jerman. Spesifikasi Viar Q1 memiliki tenaga 800W dan dapat digeber sampai 60 Km/jam dengan jarak tempuh 70 km. Baterai mengusung lithium ion 60V 20Ah, pengisian dari kondisi kosong memerlukan waktu 5-7 jam.

Sedangkan Gesits, merupakan skuter listrik otomatis singkatan Garansindo Electric Scooter ITS. Di Indonesia, Gesits akan mulai diperkenalkan ke publik pada semester 2 tahun ini dalam bentuk pra produksi dan mulai dijual awal tahun depan.

Spesifikasi Gesits hingga saat ini tercatat menggunakan motor listrik berdaya 5KW. Baterainya lithium-ion dan dapat menempuh jarak sejauh 80-100 km sekali isi. Pengisian daya dari kondisi kosong sampai penuh 1,5 – 3 jam melalui stop kontak rumahan.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*