Cara Tepat Charging HP di Honda Scoopy Baru, Agar Aki Tidak Tekor

0
Charging HP di Honda Scoopy
Charging HP di Honda Scoopy Baru harus dengan USB Car Charger. Foto: Afid

NaikMotor – All New Honda Scoopy memang dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan dan kemudahan, salah satunya Power Outlet di kompartemen kiri cover depan. Tetapi ada cara yang tepat untuk charging HP di Honda Scoopy baru itu.

Mukti Abdul Rahman, Technical Training Instructure PT Wahana Makmur Sejati menyebutkan, “Stop kontak di All New Honda Scoopy itu hanya sebagai Power Outlet 12VDC, jadi kalau ingin meng-charge handphone atau gadget lainnya harus melalui USB car charger dahulu. Fungsinya untuk menyesuaikan tegangannya, karena perangkat HP atau gadget biasanya butuh tegangan 5Volt DC.”

Charging HP di Honda Scoopy
USB Car Charger. Foto: Amazon.UK

Power outlet 12Volt DC di Scoopy baru berpelek 12″ itu memang mirip dengan cigarette lighter pada mobil. Jika sudah ditambah dengan USB car charger, maka daya keluaran listriknya bisa mencapai 5 Volt DC dengan kuat arus 1 Ampere.

Kompartemen tempat charging HP di Scoopy itu cukup aman dari kotoran dan hujan, karena dilengkapi tutup dan memliki list yang dilengkapi gutter atau semacam coakan memanjang yang bisa mencegah air masuk.

Tetapi kapan waktu yang tepat melakukan charging Mukti menyarankan, “Lakukan charging saat Scoopy mesinnya menyala atau saat sambil berkendara ke tempat tujuan. Karena, perangkat Power Outlet itu langsung terhubung dengan aki, tidak melalui kunci kontak dahulu. Sehingga jika mesin tidak sedang menyala saat charging, dikhawatirkan akinya drop.”

Jangan lupa ketika parkir, semua perangkat dilepas dan diamankan, sebab kompartemen charging HP di Honda Scoopy tidak dilengkapi dengan kunci pengaman. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY