Yamaha Mio Pemegang Rekor Drag 7,2 Detik Rasa Thailand

0
10156
Yamaha Mio Pemegang Rekor Drag 7,2 Detik Rasa Thailand
Yamaha Mio milik Vincent's Racing Gallery menorehkan rekor 7,292 detik di kelas matic 200 cc waktu tercepat. Foto: Ekky

NaikMotor – Sebuah rekor dragbike 201m untuk kelas matic 200 cc TU masih dipegang Yamaha Mio milik Vincent’s Racing Gallery (VRG) sejak 2015. Yamaha Mio pemegang rekor drag 7,292 detik itu tampil khas dengan warna Ungu.

Pada 2015 dalam sebuah event dragbike AHRS di Cibinong, Tim yang lekat dengan warna ungu itu menorehkan rekor 7,292 detik di kelas matic 200 cc dengan Mio Ungu VRG itu. Rekor belum terpecahkan hingga saat ini.

Kiprah terakhirnya, di Kejurda Dragbike Banten seri 2 di Cicangkal, Banten, Maret 2017, meski hanya mendapatkan posisi ketiga. Tetapi rekor tercepat se-Indonesia itu masih tetap dipegang Yamaha Mio Ungu VRG.

Yamaha Mio Pemegang Rekor Drag 7,2 Detik Rasa Thailand

Vincent Wijaya, pemilik toko dan custom VRG di bilangan Jalan Kebon Jeruk Jakarta Barat itu mau membocorkan spesifikasi Mio Ungu VRG itu. Berikut penuturannya, Basis mesinnya Yamaha Mio tetapi sudah dibore up menjadi 200 cc, pistonnya Hi Speed 65mm dan stroke 60mm.

Sementara rangka diambil milik Yamaha Nouvo karena lebih panjang, agar lebih stabil saat digas di trek lurus itu. Tetapi komstir dan engine mounting kita custom sendiri.

“Selanjutnya CDI kita ganti dengan produk Rextor Pro Drag ditambah koil YZ125. Sebagai pemasok bahan bakar kita sediakan karburator Keihin PE28, tetapi ini racikan Mr Cha Thailand dengan venturi 31mm dan pilot jet 130/50,” sambung pemilik tim VRG yang sering balapan di Thailand itu. Makanya, Yamaha Mio pemegang rekor Drag itu tampil ala racer Thai Look.

“Masih soal mesin kita kasih katup intake 34/30 durasi 260 derajat, dan untuk exhaust 265 derajat. Knalpotnya kita gunakan prpduk R9 stainless steel. Semua komponen itu tersedia di toko kita, lho,” ujarnya setengah promosi.

“Pada penggerak akhir kita pasang Pulley VRG dengan sudut kemiringan 13,5 derajat, sliding roller custom CNC dan rollernya kita gunakan 8 gr,” jelasnya.

Yamaha Mio Pemegang Rekor Drag 7,2 Detik Rasa Thailand

Selain menggunakan komponen yang cukup memguras kantong, ternyata shockabsorber belakang menggunakan produk Öhlins.

“Kalau sudah menekuni custom dan balapan dragrace jangan tanggung-tanggung. Selain agar tampak berkelas, dan menjadi ciri khusus, itu juga bagian agar Pembalap kita nyaman karena drag race itu treknya tidak permanen.Kalau nyaman Pembalap lebih fokus pada bagaimana memacu motor dengan benar,” pungkas pemilik Yamaha Mio Pemegang Rekor Drag itu. (Afid/nm)

Vincent’s Racing Gallery (VRG)
Jl Kebon Jeruk 9 no 129, Jakarta Barat
0812 84985840

LEAVE A REPLY

*