Ducati V4 Dipatenkan dengan Nama Quattrofromaggi

0
133
Ducati V4 Dipatenkan Dengan Nama Quattrofromaggi

NaikMotor – Produk tak biasa dari pabrikan dari Borgo Panigale, Ducati V4 dipatenkan dengan nama Quattrofromaggi. Kabarnya, model 4 silinder berkonfigurasi V itu akan diproduksi 2018.

Sebuah aplikasi paten telah didaftarkan di Amerika Serikat, Eropa dan Jepang oleh Ducati untuk sebuah superbike bersosok Panigale oleh Ducati. Produk akan menjadi breakthrough sebab seperti keluar dari pakem kalau model produksi Ducati selalu bermesin V-twin 90°.

Persiapan untuk model mesin V4 sudah diisyaratkan oleh CEO Ducati, Claudio Domenicali menegaskan rencana itu saat berkunjung ke Flagship Store Ducati Indonesia besutan Garansindo Euro Sports di Kemang, Jakarta Selatan (17/2/2017).

“Kami melakukan pengembangan mesin (V4). Jadi, bisa saja nanti (pemilik motor Ducati) memiliki motor seperti yang dikendarai Jorge Lorenzo. Pengalaman kami lebih dari 14 tahun tampil di MotoGP dan kami bisa mengambil kelebihan (dari motor MotoGP) ke motor superbike kami. Mesin V-Twin merupakan mesin yang bagus, seperti mesin 1.300cc di motor (Ducati) Superleggera, tapi kami juga akan menggali potensi dari mesin V4 yang lebih lembut entakan di putaran bawah tapi juga bisa kencang pada putaran tinggi.”

Selama ini mesin penggerak sepeda motor Ducati untuk versi jalanan menggunakan konfigurasi V-Twin 90°. Sementara mesin V4 merupakan jenis mesin khusus yang digunakan pada motor Ducati Desmosedici GP yang sekarang dipacu Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso di MotoGP. Ducati akan mengembangkan mesin di MotoGP dan menitiskan teknologinya ke motor produksi. Jadi, bukan tidak mungkin motor jalanan seperti Panigale memiliki karakter seperti Desmosedici GP17.

Pengganti Panigale 4 silinder kapasitas 1.000cc dengan katup Desmodromic itu diperkirakan akan memiliki tenaga keluaran sebesar 220 daya kuda. Tentunya desainnya jangan sampai seperti Desmosedici GP17 dengan fairing hammerhead. Syukurnya, dalam paten tampak sosok sportbike dengan desain futuristik, bersudut-sudut tajam.

Ducati V4 dipatenkan dengan nama Quattrofromaggi di badan paten Amerika Serikat, dan mencakup sepeda motor beserta komponen strukturalnya. Sehingga dipastikan itulah bakal menjadi nama sepeda motor baru Ducati itu.

Perkara kapan tepatnya akan diproduksi, hanya berupa gambaran saja dari staf PR Ducati, Nothong Foryootho yang menyebutkan, “Kami tahu hal itu akan mengemuka, tetapi kami memilih tidak berkomentar tentang rencana produk. Tetapi secara pribadi, saya hanya bisa menyarankan tunggu saja hingga tahun depan.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*