Didukung Pemerintah, Thailand Siap Menyelenggarakan MotoGP 2018

1
49
Thailand Siap Menyelenggarakan MotoGP
WSBK di Buriram, tanda Thailand siap menyelenggarakan MotoGP? Foto: Media Crash

NaikMotor – Media Bangkok Post merilis berita kalau Thailand siap menyelenggarakan MotoGP 2018. Pasalnya, Kabinet pemerintahan Kerajaan Thailand telah memutuskan untuk mengucurkan dana guna memiliki hak penyelenggaraan balapan sepeda motor dunia itu Selasa (21/3/2017).

Negara tetangga tersebut sejak 2015 telah disebut-sebut akan menyelenggarakan MotoGP, terlebih sejak 3 tahun terakhir telah menyelenggarakan seri World Superbike di Chang International Circuit di Buriram.

Juru Bicara Pemerintah Thailand, LetJend Sansern Kaewkamnerd mengatakan, “Kabinet telah memutuskan untuk mengalokasikan dana sebesar 300 juta Baht untuk membayar hak penyelenggaraan MotoGP, selama 3 tahun.” (300 juta Baht setara dengan Rp 115,42 Miliar)

Bujet akan dibayarkan untuk setiap penyelenggaraan sebesar 100 juta Baht untuk FIM Road Racing Championship Grand Prix atau MotoGP dari 2018-2020. Sementara untuk biaya pengorgasisasiannya, Pemerintah Siam merencanakan untuk menggalang dana dari sektor swasta.

Itu berarti akan menambah daftar negara baru penyelenggara. Sebelumnya Finlandia telah masuk daftar, dan kini tersisa untuk peluang untuk dua negara lainnya, diantaranya tengah diincar oleh Indonesia, Kazakhstan dan Hongaria serta Thailand.

“Jika Thailand siap menyelenggarakan MotoGP 2018, maka akan meningkatkan citra negara, sebab MotoGP akan disiarkan secara langsung ke 600 juta pemirsa di 200 negara. Termasuk meningkatkan pendapatan sektor pariwisata dan peluang investor,” lanjut Sansern. “Dan pastinya akan memajukan sektor industri sepeda motor, industri terkait dan kemajuan motorsport,” pungkasnya.

Untuk itu, Thailand telah menetapkan deadline untuk menyelesaikan semua aplikasi terkait permohonan penyelenggaraan MotoGP itu April 2017 mendatang.

Sementara itu, juru bicara Dorna Sport mengatakan kepada media Crash.net, “Saya hanya bisa menyatakan bisa saja Thailand masuk dalam Kalender MotoGP 2018. Tetapi masih kemungkinan.” Dan saat ini hanya Malaysia yang menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara penyelenggara MotoGP. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*