Unik, Plug and Play Tiga Gaya Custom di Yamaha XSR700 dari Taiwan

0
Tiga Gaya Custom di Yamaha XSR700 dari Taiwan
Yamaha XSR700 Rough Crafts Scorcher, cafe racer bolt-on. Foto: Rough Crafts

NaikMotor – Rupanya proyek custom pabrikan Yamaha Motor Eropa bertajuk Yamaha Yard Built masih berlangsung hingga 2017. Salah satu karya terbarunya adalah model plug and play tiga gaya custom di Yamaha XSR700 dari Taiwan garapan Winston Yeh punggawa Rough Crafts.

Rough Crafts memang tidak asing di dunia custom. Nama workshop ini tengah naik daun dan menjadi lirikan pabrikan dalam merancang bangun motor custom factory. Sebelumnya Winston, menampilkan MV Agusta Ballistic Trident yang bersosok alien Predator.

Sementara pada proyek Yamaha Yard Built, Rough Crafts menawarkan model plug and play tiga gaya custom di Yamaha XSR700 dari Taiwan dengan mengubah wajah roadster klasik Yamaha menjadi cafe racer sekaligus street bike pada satu model yang disebut sebagai Corsa Scorcher, dan lainnya dari cafe racer menjadi dirt bike klasik berjuluk Soil Scorpion.

Wajah Ganda Yamaha XSR700 Dari Rough Crafts Builder Taiwan
Yamaha XSR700 Dari Rough Crafts dalam fungsi street bike. Foto: Rough Crafts

Winston Yeh, punggawa Rough Crafts mendesain kedua modelnya dengan komponen pulg and play saat berganti gaya, terutama pada bagian bodi belakangnya. Uniknya, tak ada bagian rangka XSR700 yang dipotong untuk membangun keduanya.

Meski awalnya sulit, Winston akhirnya menetapkan komponen-komponen seperti suspensi, roda, rem dan setang bisa dipertukarkan untuk pergantian gaya tadi.

Wajah Ganda Yamaha XSR700 Dari Rough Crafts Builder Taiwan
XSR700 Rough Crafts Corsa Scorcher dua wajah street bike dan cafer racer. Foto: Rough Crafts

Sedangkan bodi berstruktur monokok berbahan serat karbon dan tangki aluminium dari MS Pro yang ditautkan pada rangka menjadi bagian tetap keduanya. Seperti juga lampu utama dan tutup tangki customnya.

Jika diperhatikan pada model Corsa Scorcher tampak lebih mirip superbike, sebab pada bagian front-end, Yeh memanfaatkan milik YZF-R1. Mulai dari garpu depan, hub, rem dan roda diambil dari superbike Yamaha itu. Bahkan, knalpot aftermarket yang digunakan adalah produk Akrapovic yang ditujukan untuk R1. Sementara perangkat rem belakang memanfaatkan produk Beringer.

Pelek serat karbon Corsa Scorcher mengaplikasi produk Rotobox dipadu ban Pirelli Diablo Supercorsa dengan ukuran seperi pada R1, yakni 120 / 70-17 pada bagian depan, dan 190 / 55-17 di belakang.

Setangnya menggunakan produk Gilles Tooling dengan riser custom karya Rough Crafts Ever Style. Kemudian pada sosok Scorcher tampak intake bermodel velocity produk Wukawa, sementara untuk Soil Scorpion menggunakan filter udara produk Sprint yang waterproof, agar lebih leluasa bermain di jalur tanah.

Wajah Ganda Yamaha XSR700 Dari Rough Crafts Builder Taiwan
XSR700 Rough Crafts Soil Scorpion, dua wajah scrambler dan cafe racer. Foto: Rough Crafts

Berbeda dengan desain Corsa Scorcher, pada gaya Soil Scorpion, suspensinya menggunakan produk Shark Factory X2E, dan bisa disesuaikan secara remote digital. Agar perubahan kemampuan peredaman dari motor jalanan menjadi dirtbike hanya dengan menekan sebuah tombol saja.

Sementara ban Soil Scorpion menggunakan Pirelli Scorpion Rally ukuran 150/70 pada bagian depan dan 170/60 bagian belakang. Kemudian pelek forged ukuran 17″-nya menggunakan produk Taiwan Wukawa Industries. Setang Soil Scorpion menggunakan MS Pro dengan riser Bar Fighter.

Wajah Ganda Yamaha XSR700 Dari Rough Crafts Builder Taiwan
Soil Scorpion, fungsi Scrambler. Foto: Rough Crafts

Selain komponen untuk membedakan keduanya adalah laburan warna. Corsa Scorcher akan tampil dengan hitam dan aksen serat karbon, sedangkan Soil Scorpion dengan motif Urban Camo keabu-abuan. Unik bukan? tiga gaya custom di Yamaha XSR700 dari Taiwan ini.  (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here